HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 TANAH GROGOT TAHUN AJARAN 2015-2016
Nita Dahliana, 2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tanah Grogot Tahun Ajaran 2015-2016. Di bawah bimbingan Drs. Nanang Rijono, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Dra. Hj.Ipit Hayati Rosyid, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tanah Grogot Tahun Ajaran 2015-2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif . Populasi penelitian ini adalah 139 siswa dengan pengambilan sampel 40 siswa. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah proposional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus persentase, korelasi produk moment, pedoman interprestasi nilai r, dan rumus uji t Hasil analisis data dengan menggunakan rumus persentase menunjukkan bahwa motivasi berprestasi siswa yang memiliki kategori sangat tinggi (81-100) sebanyak 10 siswa atau sebesar 25%, siswa yang memiliki kategori motivasi berprestasi tinggi (61-80) sebanyak 28 siswa atau sebesar 70% dan siswa yang memiliki kategori motivasi berprestasi sedang (41-60) sebanyak 2 siswa atau sebesar 5%. Kemudian siswa yang memiliki hasil belajar dengan nilai UTS sangat tuntas (85-100) sebanyak 12 siswa atau sebesar 30%, siswa yang memiliki hasil belajar dengan nilai UTS tuntas (75-85) sebanyak 25 siswa atau sebesar 62,5%, dan siswa yang memiliki hasil belajar dengan nilai UTS tidak tuntas (0-74) sebanyak 3 siswa atau sebesar 7,5%, selanjutnya hasil analisis data dengan menggunakan rumus korelasi produk moment diperoleh nilai r hitung 0,320 dan berada pada interprestasi r 0,20-0,399 yang memiliki tingkat hubungan rendah dan nilai pada tabel kritik r diperoleh nilai 0,312 maka r hitung > dari r tabel. Jadi Motivasi berprestasi memiliki hubungan dengan hasil belajar. Kemudian untuk mengetahui signifikansi motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa dilakukan perhitungan dengan menggunakan hasil analisis uji t sehingga diperoleh nilai sebesar 2,087 dan untuk perolehan nilai pada t tabel diperoleh sebesar 1,686, berarti 2,087 > 1,686 atau t hitung > t tabel. Artinya ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas XI SMK Negeri 2 tanah grogot tahun ajaran 2015-2016 . Kata Kunci : Motivasi berprestasi dan hasil belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 TANAH GROGOT TAHUN AJARAN 2015-2016 |
---|---|
Pengarang | NITA DAHLIANA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY