Detail Cantuman Kembali
Sindy Tassa Putri - Personal Name

Pengaruh Kecanduan Youtube Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Tenggarong Tahun Ajaran 2021/2022

Sindy Tassa Putri, 2022. Pengaruh Kecanduan Youtube Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Tenggarong Tahun Ajaran 2021/2022. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan serta Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Penelitian ini dibawah bimbingan Masnurrima Heriansyah, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Dwi Sona, S.Pd., M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh kecanduan Youtube terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Tenggarong tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain expost facto.Populasi siswa kelas XI IPS 3sebanyak 36 siswa dan sampel sebanyak 18 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan siswa yang mengalami kecanduan media sosial Youtube dan siswa yang memiliki minat belajar yang rendah jika dilihat dari hasil studi pendahuluan menggunakan angket.Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji prasyarat menggunakan program SPSS 21.0 For Windows yaitu uji normalitas dengan rumus kolmogorov-smirnov dan uji linearitas dengan melihat nilai sig. devinationfromlinearity. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh kecanduan Youtube terhadap minat belajar siswa dan dibuktikan dengan melihat hasil uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian memperoleh nilai F hitung = 23,167 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi ada pengaruh variabel kecanduan media sosial Youtube terhadap variabel minat belajar. Besar koefisien determinisi (R2) pada RSquare sebanyak 0,591 atau 59,1%, artinya kecanduan media sosial Youtubeberpengaruh sebesar 59,1% terhadap minat belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan semakin tinggi tingkat kecanduan siswa, maka semakin rendah minat belajar siswa. Sebaliknya, semakin rendah tingkat kecanduan siswa, maka semakin tinggi minat siswa dalam belajar.
Kata Kunci:Kecanduan Youtube, Minat Belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Kecanduan Youtube Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Tenggarong Tahun Ajaran 2021/2022
Pengarang Sindy Tassa Putri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIN P 2022
Subyek Kecanduan Youtube, Minat Belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Bimbingan dan Konseling
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua