Detail Cantuman Kembali
KHUSNUL KHOTIMAH - Personal Name

Analisis Perubahan Sifat Fisis (Viskositas, Kerapatan, Tegangan Permukaan dan Koefisien Laju Penurunan Suhu) Minyak Kelapa (Coconut Oil) Terhadap Beberapa Kali Pemanasan

Khusnul Khotimah, 2022. FakultasMatematika dan IlmuPengetahuanAlam, UniversitasMulwarman. “AnalisisPerubahanSifatFisis (Viskositas, Kerapatan, TeganganPermukaan dan KoefisienLajuPenurunanSuhu) MinyakKelapa (Coconut Oil) terhadapBeberapa Kali Pemanasan”. Dibimbing oleh Dr. Supriyanto, MT. dan Dr. AdrianusInuNatalisanto, M.Si.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemanasan berulang minyak kelapa terhadap nilai viskositas, kerapatan (rapat massa), tegangan permukaan, dan koefisien laju penurunan suhu (tetapan Newton cooling) pada minyak kelapa tersebut. Sampel minyak kelapa yang digunakan merupakan hasil produksi sendiri. Ulangan pemanasan tersebut dilakukan paling banyak lima kali dengan suhu puncak 90oC. Besaran-besaran fisis tersebut ditentukan dengan metode-metode, berturut-turut, yaitu: metode bola jatuh, metode pengukuran massa dan volume dengan gelas ukur, metode kenaikan fluida dalam pipa kapiler, dan metode Newton cooling.
Dari penelitian ini ditemukan adanya pengaruh pemanasan berulang minyak kelapa terhadap nilai viskositas, rapat massa, tegangan permukaan, dan koefisien laju penurunan suhu minyak kelapa tersebut. Pengaruh tersebut ditandai dengan terdapatnya hubungan fungsional antara ulangan pemanasan dan nilai keempat besaran fisis tersebut. Hubungan antara ulangan pemanasan dan viskositas merupakan fungsi kuadrat, hubungan antara ulangan pemanasan dan rapat massa merupakan fungsi linear, hubungan antara ulangan pemanasan dan tegangan permukaan merupakan fungsi kuadrat, dan hubungan antara ulangan pemanasan dan koefisien laju penurunan suhu merupakan fungsi pangkat empat. Keempat hubungan fungsional tersebut merupakan persamaan empiris yang menyatakan hukum alam dalam rentang daerah ulangan pemanasan tertentu dan dapat menjadi bahan kajian lebih lanjut untuk mengungkap mekanisme fisika yang membangunnya, termasuk menentukan persamaan umum yang menyatukannya.
Kata Kunci: Kerapatan (rapat massa), Minyak Kelapa, Tegangan Permukaan, Viskositas, dan tetapan Newton cooling.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Perubahan Sifat Fisis (Viskositas, Kerapatan, Tegangan Permukaan dan Koefisien Laju Penurunan Suhu) Minyak Kelapa (Coconut Oil) Terhadap Beberapa Kali Pemanasan
Pengarang KHUSNUL KHOTIMAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KHU a 2022
Subyek Virgin Coconut Oil
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua