PENERAPAN MARKERLESS AUGMANTED REALITY UNTUK PENGENALAN SATWA MAMALIA
AR adalah teknologi penggabungan dunia nyata dan virtual, yang bersifat interaktif secara real-time(waktu nyata) dan merupakan wujud animasi 3D, AR juga diaplikasikan menggunakan marker (penanda)hitam putih yang dicetak. Dalam konteks ini penggunaan AR dapat dilacak berupa objek nyata berupa 2Ddan 3D, sebagai penanda Markerless, yang merupakan salah satu metode AR. metode Markerless ARterdapat beberapa teknik yang dapat digunakan salah satunya teknik Pattern Matching, dimana teknikPattern Matching ini mirip dengan tipe marker based AR. Pembuatan aplikasi AR menggunakan metodeMarkerless berbasis Android guna mendukung pembelajaran dimasa pandemi untuk Anak-anak TK CintaAsihSambojaKalimantan Timur. Sistemini akandiuji berdasarkanparameter jarak, intensitas cahayadan sudut kemiringan kamera terhadap objek atau image target yang telah disediakan, seta perbandinganmenggunakanlimatipesmartphonedenganspesifikasiyangberbedauntukmengetahuikecepatansmartphone dalam mendeteksi image target. Hasil dari seluruh pengujian berdasarkan parameter jarak,pencahayaan dan sudut kemiringan kamera terhadap objek atau image target dibagi menjadi 5 bagianyaitu hasil pengujian menggunakan smartphone Xiaomi Mi 10T Pro, Samsung A10S, Realmi C25S, PocoX3 Pro dan Oppo Reno 4. Pengujian dilakukan dengan sudut10o, 45o, dan 90odengan image target 10cm,30cm,50cmdan80 cmpadaintensitascahaya1500,500dan40.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN MARKERLESS AUGMANTED REALITY UNTUK PENGENALAN SATWA MAMALIA |
---|---|
Pengarang | YUDA HIDAYAT - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUD P 2022 |
Subyek | : Augmented Reality, Markerless Pengenalan Satwa Mamalia, Android, TK Cinta Asih Samboja Kalimantan Timur |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Informatika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY