Detail Cantuman Kembali

Studi Adsropsi Logam Berat Besi(Fe) Dan Timbal (Pb) Air Sungai Mahakam Oleh Limbah Cangkang Telur Dan Abu Gosok

StudiAdsorpsiLogamBeratBesi (Fe) dan Timbal (Pb) Air Sungai Mahakam olehLimbahCangkangTelurdan Abu Gosok;Alris Sanca Pratama Putra, 1707045030; 2022; Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman, dibimbing oleh Dr. Rahmawati Munir, M.Si dan Dr. Adrianus Inu Natalisanto, M.Si
Sebagai limbah yang mudah ditemukan limbah cangkang telur dan abu gosok menyimpan berbagai manfaat apa bila dikelola dengan baik dan benar, salah satunya sebagai adsorben untuk mengadsorpsi kandungan logam berat besi dan timbal yang terdapat pada air sungai Mahakam. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui manfaat limbah cangkang telur dan abu gosok dalam menurunkan kandungan logam berat besi dan timbal yang terdapat pada air sungai Mahakam serta sebagai solusi alternatif pengolahan limbah cangkang telur dan abu gosok.
Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan metode adsorpsi, untuk mengetahui penurunan logam berat besi dan timbal maka dilakukan pengujian menggunakan alat AtomicAbsobtionSpectrophotometer(AAS). Data yang diperoleh dari proses pengujian digunakan untuk menganalisis tingkat penurunan logam berat besi dan timbal yang terdapat pada air sungai Mahakam sebelum dan sesudah dilakukan proses adsorpsi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa limbah cangkang telur dan abu gosok mampu menurunkan kandungan logam berat besi (Fe) dan timbal (Pb) yang terdapat pada air sungai Mahakam. Kandungan Fe pada air sungai Mahakam sebesar 1,5 mg/L air menjadi 0,11 mg/L air setelah di adsorpsi menggunakan serbuk cangkang telur, untuk kandungan Pb pada air sungai Mahakam sebesar 1,69 mg/L air menjadi 0,24 mg/L air setelah di adsorpsi menggunakan serbuk abu gosokPenambahan konsentrasi serbuk cangkang telur dan abu gosok pada sampel air sungai Mahakam dapat menurunkan konsentrasi logam berat Fe dan Pb.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Adsropsi Logam Berat Besi(Fe) Dan Timbal (Pb) Air Sungai Mahakam Oleh Limbah Cangkang Telur Dan Abu Gosok
Pengarang Alris Sanca Pratama Putra - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ALR s 2022
Subyek Limbah Cangkang Telur, Abu Gosok, Adsorpsi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua