Detail Cantuman Kembali
Kevin Maxwell - Personal Name

PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN ATAS PENGEMBALIAN BARANG TIDAK SESUAI PESANAN (STUDI KASUS CV BERKAT NANDA MORATTA)

Kevin Maxwell, 1708015126, Program Studi Ilmu Hukum, Minat Studi Hukum Perdata, Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Atas Pengembalian Barang Tidak Sesuai Pesanan (Studi Kasus CV. Berkat Nanda Moratta) dibawah bimbingan Ibu Erna Susanti, S.H., M.H. dan Ibu Safarni Husain, S.H., M.Kn.
Jual beli adalah suatu kegiatan perdagangan melibatkan pelaku usaha dan konsumen, dalam suatu perjanjian jual beli ada hak dan kewajiban sehingga untuk menghindari tindakan yang merugikan, peraturan perundang-undangan hadir untuk memberikan perlindungan terhadap hak dan kewajiban tersebut.
Permasalahan pada skripsi ini ada pada tindakan wanprestasi oleh pelaku usaha yaitu CV Berkat Nanda Moratta kepada konsumen, tindakan penjualan barang tidak sesuai pesanan dan penetapan klausula sepihak oleh pelaku usaha menempatkan konsumen pada posisi yang merugikan, sehingga konsumen berhak atas pertanggungjawaban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Sosio Legal riset, yaitu penelitian yang mengkaji hukum dengan menggunakan pendekatan dari ilmu hukum dan ilmu sosial lainnya, terdiri dari sumber data primer dan data sekunder (bahan hukum primer, sekunder, dan tersier).
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa upaya CV Berkat Nanda Moratta dalam memberikan pertanggungjawaban belum menerapkan itikad baik seperti yang diatur dalam hukum perlindungan konsumen, perbuatan pelaku usaha masih memiliki banyak kekurangan yang berakibat konsumen belum menerima pertanggungjawaban sebagaimana mestinya. Hal ini tentu memiliki akibat hukum bagi CV Berkat Nanda Moratta yang telah melanggar hak konsumen.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN ATAS PENGEMBALIAN BARANG TIDAK SESUAI PESANAN (STUDI KASUS CV BERKAT NANDA MORATTA)
Pengarang Kevin Maxwell - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KEV p 2022
Subyek Perjanjian Jual Beli, Wanprestasi, Pertanggungjawa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan HUKUM
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua