Detail Cantuman Kembali
MUTIARA KARTIKA DEWI - Personal Name

Analisis Kontribusi Sektor Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan Provinsi Kalimantan Timur

Tujuan penelitian iniadalah (1) Mengetahui kontribusi sektor pertanian unggulan Kabupaten Kutai Kartanegara terhadap pemenuhan kebutuhan pangan di Provinsi Kalimantan Timur. (2) Mengetahui Subsektor Pertanian yang menjadi unggulan di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini data sekunder time series tahun 2016 hingga tahun 2020 yang bersumber dari BPS dan Dinas Pertanian dan PeternakanKabupaten Kutai Kartanegara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kontribusi, shift share dan Location Quotient (LQ).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahun 2016-2020 kontribusi sektor pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara terhadap pemenuhan kebutuhan pangan Provinsi Kalimantan Timur sebesar 38,72%. Dari analisis shift share diketahui laju pertumbuhan sektor pertanian yang bernilai positif yaitu 0,2. Hal ini juga tercermin dalam nilai diferensial shift (Cij). Cij sektor pertanian mempunyai nilai positif sebesar 538,79 miliar dimana hal ini menunjukan bahwa sektor pertanian mempunyai nilai kompetitif. Besaran pertumbuhan (Dij) Kabupaten Kutai Kartanegara sebesar 2209,47 miliar. Dengan subsektor unggulan adalah subsektor perikanan, subsektor tanaman pangan, subsektor hortikultura. Komoditas perikanan budidaya merupakan unggulan dari subsektor perikanan. Komoditas padi menjadi unggulan di subsektor tanaman pangan. komoditas Sayuran dan buah semusim, Buah-buahan dan sayuran tahunan, serta tanaman Biofarmaka menjadi unggulan di subsektor hortikultura.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kontribusi Sektor Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan Provinsi Kalimantan Timur
Pengarang MUTIARA KARTIKA DEWI - Personal Name
No. Panggil TESIS MUT a 2022
Subyek sektor pertanian, kontribusi, shift share, LQ
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan MAGISTER ILMU EKONOMI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua