Detail Cantuman Kembali
Rahmat Handayani - Personal Name

PERAN PENYULUH PERTANIAN DAN GABUNGAN KELOMPOK TANI TERHADAP PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH DI DESA SARI NADI KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

RAHMAT HANDAYANI. Peran Penyuluh Pertanian Dan Gabungan Kelompok Tani Terhadap Produktivitas Usahatani Padi Sawah Di Desa Sari Nadi Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022. (dibawah bimbingan Ndan Imang dan Mariyah).

Pertanian masih menjadi sumber mata pencaharian bagi mayoritas penduduk di Desa Sari Nadi Kecamatan Kota Bangun.Peningkatan produksi di sektor pertanian dapat dilakukan dengan meningkatkan peran penyuluh pertanian dan gabungan kelompok tani (GAPOKTAN).Keberadaan penyuluh pertanian dan GAPOKTAN diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan standar hidup petani, membuka peluang kerja, meningkatkan ketahanan pangan rumahtangga, dan mengurangi kemiskinan di perdesaan.
Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan, yang dimulai dari bulan September- November 2021.Adapun lokasi penelitian yaitu di Desa Sari Nadi Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara dengan Metode SamplingData adalah Stratified Random Sampling.Jumlah respondensebanyak 38 orang. Metode analisis yang digunakan adalah skala likert dan uji rank spearman.
Hasil penelitian menunjukkan Peran Penyuluh Pertanian dalam indikator Peran Penyuluh Pertaian sebegai Pendidik diperoleh rata-rata skor 9,07 yaitu kategori “berperan”. Peran Penyuluh Pertaian sebagai Pemantau dan Pengevaluasi untuk indikator ini diperoleh rata-rata skor 8,73 yaitu kategori “berperan”. Peran Penyuluh Pertaian sebagai Teknisi untuk indikator ini diperoleh rata-rata skor 5,13 yaitu kategori “sangatberperan”. Peran Peyuluh Pertaian sebagai Konsultan untuk indikator ini diperoleh rata-rata skor 9,27yaitu kategori “berperan”.
Hasil penelitian yang menunjukkan peran Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dalam indikator Peran Gapoktan sebagai Penyedia Input Usaha Tani untuk indikator ini diperoleh rata-rata skor 11,55 yaitu kategori “sangat berperan”. Peran Gapoktan sebagai Peningkat Desa Mandiri Pangan untuk indikator ini diperoleh rata-rata skor 10,15 yaitu kategori “sangat berperan”. Peran Gapoktan sebagai Penanganan Budidaya Padi untuk indikator ini diperoleh rata-rata skor 7.47 yaitu kategori “sangat berperan”. Peran Gapoktan sebagai Pelayanan Jasa Alat Mesin Tanaman untuk indikator ini diperoleh rata-rata skor 11.31 yaitu kategori “sangat berperan”. Peran Gapoktan sebagai Lembaga Usaha Ekonomi Perdesaan (LUEP) Nadi untuk indikator ini diperoleh rata-rata skor 9,39 yaitu kategori “sangat berperan”.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PENYULUH PERTANIAN DAN GABUNGAN KELOMPOK TANI TERHADAP PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH DI DESA SARI NADI KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Rahmat Handayani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAH p 2022
Subyek Penyuluh Pertanian,
Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)
Produktivitas Usahatani
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua