Penerapan Teori Permainan Berbasis Logika Fuzzy dalam Menentukan Strategi Pemasaran Optimal pada Penyedia Layanan Internet (Studi Kasus: Mahasiswa Jurusan Matematika Pengguna Telkomsel & Indosat)
Teori permainan adalah pendekatan matematis untuk merumuskan situasi kompetitif dan konflik antara kepentingan yang berbeda. Teori permainan memiliki konsep dasar dalam menyelesaikan suatu kompetisi, meliputi jumlah pemain, nilai permainan, dan strategi permainan. Penelitian ini menerapkan teori permainan yang melibatkan dua pemain yaitu pemain P1 adalah Telkomsel dan pemain P2 adalah Indosat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi yang optimal dari masing-masing penyedia layanan internet agar dapat memperoleh keuntungan dan mengurangi kerungian yang disebabkan oleh penilaian konsumen melalui suatu model matematika dan penyelesaian secara numerik dari matriks permainan. Matriks permainan diperoleh dari logika fuzzy melalui proses fuzzifikasi dan defuzzifikasi. Pendekatan numerik yang dilakukan pada matriks dari logika fuzzy adalah menggunakan pemrograman linier dengan metode penyelesaian yang digunakan adalah metode simpleks dan dual simpleks untuk memperoleh solusi optimum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang optimal untuk kedua penyedia layanan internet adalah atribut kecepatan internet untuk pemain P2 (Indosat) dan atribut jangkauan jaringan untuk pemain P1 (Telkomsel) dengan nilai permainan atau saddle point yang diperoleh adalah 9,76388. Atribut yang paling dipentingkan oleh mahasiswa Jurusan Matematika adalah jangkauan jaringan dan kecepatan internet. Pada analisis kepuasan diperoleh hasil bahwa pengguna Telkomsel menunjukkan tingkat kepuasan tertinggi pada atribut jangkauan jaringan dengan nilai rata-rata 7,80342 sedangkan pengguna Indosat menunjukkan tingkat kepuasan tertinggi pada atribut kemudahan mendapatkan produk dengan nilai rata-rata 7,47863.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Teori Permainan Berbasis Logika Fuzzy dalam Menentukan Strategi Pemasaran Optimal pada Penyedia Layanan Internet (Studi Kasus: Mahasiswa Jurusan Matematika Pengguna Telkomsel & Indosat) |
---|---|
Pengarang | Kamalin Mastura - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KAM p 2022 |
Subyek | Teori Permainan, Logika Fuzzy, Pemrograman Linier |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Jurusan | Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY