Detail Cantuman Kembali
SILVY EKA PUTRI - Personal Name

Respons Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung Ungu (Solanum melongena L.) dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang

SILVY EKA PUTRI. Respons Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung Ungu (Solanum melongena L.) dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022.(Dibawah bimbingan Alvera Prihatini Dewi Nazari and Susylowati).

Buah terung banyak dikonsumsi masyarakat karena kaya akan zat gizi, sepertivitamin A, B, dan C, kalium, fosfor, zat besi, protein, lemak, dan karbohidrat, sehingga tanaman terung potensial untuk dibudidayakan. Agar konsumsi terung dapat dipenuhi, perlu upaya untuk menjaga stabilitas dan meningkatkan produksinya tanpa menyebabkan dampak negative terhadap lingkungan diantaranya dengan pemberian pupuk organik cair dari limbah kulit pisang. Kulit pisang mengandung unsur hara makro N,P, dan K serta unsur hara mikro Ca, Mg, Na, dan Zn sehingga berpengaruh positif terhadap pertumbuhan hasil tanaman.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: pengaruh Pupuk Organik Cair (POC)kulit pisang dengan konsentrasi yang berbeda terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung ungu serta konsentrasi POC kulit pisang yang memberikan pertumbuhan dan hasil tanaman terung ungu yang terbaik.
Penelitian telah dilakukan dari bulan Mei sampai dengan Agustus 2021 di Perumahan Bumi Sempaja, Kelurahan Sempaja Timur, Kecamatan Samarinda Utara. Percobaan disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK), merupakan percobaan faktor tunggal, konsentrasi POC kulit pisang, terdiri atas empat taraf, yaitu 0 mL L-1 (kontrol); 250; 500; 750 mL L-1dengan dosis 250 mL per tanaman.Data dianalisis dengan menggunakan analisis ragam. Apabila pengaruh perlakuan berbeda nyata, untuk membandingkan antara dua rata-rata perlakuan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata 5%.
Hasil analisis ragam menunjukkan pengaruh Pupuk Organik Cair berbeda nyata terhadap variabel umur berbunga dan jumlah buah per tanaman, namun berbeda tidak nyata terhadap variabel pertambahan tinggi tanaman umur 7 dan 14 Hari Setelah Pindah Tanam (HSPT), jumlah cabang per tanaman, umur panen, diameter buah per tanaman, panjang buah per tanaman, dan bobot buah per tanaman. Perlakuan POC kulit pisang 500 mL L-1 menunjukkan pengaruh lebih baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung ungu pada variabel pertambahan tinggi tanaman umur 14 HSPT, jumlah buah per tanaman, panjang buah per tanaman, dan bobot buah per tanaman.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Respons Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung Ungu (Solanum melongena L.) dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang
Pengarang SILVY EKA PUTRI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIL r 2022
Subyek kulit pisang, pupuk organik cair, terung ungu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan AGROEKOTEKNOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua