Detail Cantuman Kembali
Achmad Aryubi - Personal Name

Uji Efektivitas Ekstrak Patikan Kebo (Euphorbia hirta) dan Saliara (Lantana camara) Untuk Menghambat Pertumbuhan Jamur Colletotrichum sp. Pada Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.)

ACHMAD ARYUBI. Uji Efektivitas Ekstrak Patikan Kebo (Euphorbia hirta) Dan Saliara (Lantana camara) Untuk Menghambat Pertumbuhan Jamur Colletotrichum sp. Pada Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.) Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022. (dibawah Bimbingan Encik Ahmad Syaifudin dan Ni’matuljannah Akhsan)
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak patikan kebo (Euphorbia hirta) dan saliara (Lantana camara) dalam menghambat pertumbuhan koloni jamur Colletotrichum sp. dan mengetahui konsentrasi dari ekstrak patikan kebo(Euphorbia hirta) dan saliara (Lantana camara) yang tepat guna menghambat pertumbuhan koloni jamur Colletotrichum sp..Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Hama Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Samarinda dimulai sejak bulan September sampai bulan Desember 2021. Perlakuan dalam penelitian diatur dalam RancanganAcak Lengkap (RAL) dengan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari kontrol (P0), ekstrak patikan kebo 100 g/L (P1), ekstrak patikan kebo 150 g/L (P2), ekstrak patikan kebo 200 g/L (P3), ekstrak saliara 100 g/L (P4), ekstrak patikan kebo 150 g/L (P5), ekstrak saliara 200 g/L (P6), ekstrak kombinasi 100 g/L (P7), ekstrak kombinasi 150 g/L (P8), ekstrak kombinasi 200 g/L (P9). Analisis data menggunakan uji sidik ragam (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji (BNT) taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak patikan kebo dan saliara efektif untukmenghambat pertumbuhan koloni jamur Colletotrichum sp. . Konsentrasi yang paling efektif menghambat pertumbuhan jamur Colletotrichum sp. adalah ekstrak saliara (Lantana camara) 100 g/L.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Uji Efektivitas Ekstrak Patikan Kebo (Euphorbia hirta) dan Saliara (Lantana camara) Untuk Menghambat Pertumbuhan Jamur Colletotrichum sp. Pada Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.)
Pengarang Achmad Aryubi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ACH u 2022
Subyek Ekstrak patikan kebo, Ekstrak saliara, Colletotric
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua