Detail Cantuman Kembali
MARSILAH - Personal Name

PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH PROTISTA BERDASARKAN HASIL UJI LABORATORIUM Peronspora manshrica PADA BIJI KEDELAI (Glycine max)

Hasil Uji Laboratorium Deteksi Peronospora Manshurica pada biji kedelai, sangat pontensial untuk digunakan sebagai bahan pengembangan modul pada mata kuliah Protista materi cendawan. Hasil wawancara menggunakan google foam menjelaskan bahwa masih belum terdapat bahan ajar berupa modul pada mata kuliah Protista terutama pada sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Cendawan.Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk penelitian berupa bahan ajar modul yang dapat diaplikasikan pada sub-tema Cendawan ciri-ciri; klasifikasi: kelas phycomycetes (Oomycetes) mata kuliah protista. Penelitian ini berupa pengembangan Modul untuk mata kuliah protista di Program Studi Pendidikan Biologi (S1) FKIP Universitas Mulawarman yang dilakukan dengan mengikuti tahapan rancangan instruksional dengan pendekatan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Data kelayakan bahan ajar modul diperoleh dari hasil validasi oleh ahli materi Protista dan ahli bahan ajar. Sedangkan uji kepraktisan modul dilakukan oleh mahasiswa responden Program Studi S1 Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman. Untuk melihat keefektifan modul Ajar tersebut dilakukan pretest dan posttest Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase kelayakan materi Modul oleh validator ahli materi sebesar 85,65 % dengan kriteria sangat valid (layak) dengan sedikit perbaikan. Persentase kelayakan Modul oleh ahli pemgembangan Modul pembelajaran (bahan ajar) sebesar 86, 70 % dengan kriteria sangat valid (layak). Hasil Kepraktisan aspek materi Kelas A dan Kelas B yaitu 84.6% sangat praktis dan aspek pembelajaran yaitu 83,2% sangat Praktis. Berdasarkan hasil analisis uji gain ternormalisasi tersebut, menunjukkan bahwa nilai rata-rata indeks NGain untuk kelas A adalah 79,08%termasuk kategori Efektif, sementara untuk ratarata indeks N-Gain kelas B sebesar 78,07%termasuk kategori Efektif. Sedangkan untuk kategori perolehan rata-rata N-gain Score kelas A adalah 0.79 termasuk kategori tinggi dan untuk kategori perolehan rata-rata N-gain Score kelas B adalah 0.82 juga termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, bahan ajar modul sangat layak dan sangat praktis digunakan oleh mahasiswa atau dosen dalam kegiatan perkuliahan protista pada materi “Cendawan: ciri-ciri; klasifikasi: kelas phycomycetes(Oomycetes)”

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH PROTISTA BERDASARKAN HASIL UJI LABORATORIUM Peronspora manshrica PADA BIJI KEDELAI (Glycine max)
Pengarang MARSILAH - Personal Name
No. Panggil TESIS MAR p 2022
Subyek Pengembangan, Modul Ajar
Protista
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua