ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAHAKAM ULU
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Mahakam Ulu serta untuk mengidentifikasi dan menganalisis apa saja yang menjadi faktor yang mendukung dan menghambatnya.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang fenomena yang terjadi dalam kaitannya dengan masalah yang diteliti. Adapun Teknik analisis data yang digunakan analisis Interaktif Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mahakam Ulu sudah baik, hal tersebut dapat dilihat pada dimensi Tangibles (Bukti langsung) telah cukup memadai, selain itu pada dimensi Reliability (Keandalan) juga sudah baik karena kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan sudah baik. Kemudian pada dimensi Responsiveness (Tanggap) juga telah dilakukan dengan sigap dalam memberikan pelayanan. Sementara itu untuk dimensi Assurance (Jaminan) dilakukan dengan memberikan jaminan kepastian terhadap semua produk layanan dapat diselesaikan dengan baik. Terakhir pada dimensi Empathy (Empati) dilakukan dengan menyiapkan layanan pengaduan untuk membantu masyarakat terhadap sesuatu hal yang mereka tidak ketahui. Faktor Penghambat Pelayanan yaitu masih sering terjadi gangguan pada sistem jaringan internet yang tidak stabil dan terkadang terputus, serta masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam melakukan pengurusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, serta masih ditemukan masyarakat yang tidak memahami prosedur dan mekanisme pelayanan publik dengan baik. Sementara itu juga beberapa hal yang menjadi faktor Pendukung Pelayanan yaitu adanya sumberdaya manusia yang memadai dalam memberikan pelayanan dengan baik, adanya dukungan program jemput bola (melakukan kegiatan pelayanan pencatatan sipil) ke kampung-kampung yang jauh dari Ibukota Kabupaten, serta fasilitas pendukung pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil yang memadai.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAHAKAM ULU |
---|---|
Pengarang | MUKSIN - Personal Name |
No. Panggil | TESIS MUK a 2022 |
Subyek | Kualitas Pelayanan, Jebol, Disdukcapil |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY