Detail Cantuman Kembali
FRILIA DWI WULANDARI - Personal Name

Tindak Tutur Ilokusi dalam Ujaran Kebencian Pada Komentar Selebgram Rio dan Kekeyi: Kajian Pragmatik

Media sosial menjadi salah satu bentuk komunikasi alternatif dalam berkomunikasi. Salah satu media sosial yang banyak digunakan saat ini, yaitu Instagram. Instagram digunakan masyarakat dalam menyampaikan pendapatnya melalui kolom komentar terhadap pengguna Instagram lainnya dalam sebuah unggahan yang dapat menyebabkan terjadinya ujaran kebencian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi dalam ujaran kebencian pada komentar selebgram Rio dan Kekeyi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Datapenelitian berupa kata, frasa, dan kalimat. Sumber data berupa komentar yang mengandungujaran kebencian dalam unggahan Instagram selebgram Rio dan Kekeyi. Data diperoleh dengan teknik simak bebas libat cakap, rekam dan catat. Analisis data dalam kajian pragmatik ini menggunakan metode padan ekstralingual dan teori konteks untuk mendeskripsikan bentuk bahasa dan tindak tutur ilokusi dalam ujaran kebencian.
Hasil penelitianberupa ujaran kebencian yang dianalisis menggunakan tindak tutur ilokusi dengan temuan bentuk tindak tutur asertif, tindak tutur direktif, tindak tutur komisif, dan tindak tutur ekspresif. Bentuk ilokusi merujuk pada pernyataan, nasihat, saran, serta umpatan.Kemudian, ditemukan fungsi ilokusi kompetitif, kolaboratif, dan konfliktif. Fungsi ilokusi dengan tujuan sosial bersifat netral, menyatakan, dan menyumpahi. Bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi yang dituliskan oleh netizen untuk Rio dan Kekeyi dapat digolongkan sebagai pelanggaran dalam pasal 27 UU Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE, dikarenakan tuturan tersebut mengandung unsur ujaran kebencian. Sebagai pengguna media sosial sebaiknya lebih berhati-hati dalam menuliskan komentar yang mengandung ujaran kebencian dikarenakan adanya pasal UU ITE yang akan menjerat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Tindak Tutur Ilokusi dalam Ujaran Kebencian Pada Komentar Selebgram Rio dan Kekeyi: Kajian Pragmatik
Pengarang FRILIA DWI WULANDARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FRI T 2022
Subyek pragmatik, selebgram, tindak tutur ilokusi, ujaran
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua