INTERAKSI PARASOSIAL DAN TINGKAT LOYALITAS REMAJA AKHIR PENGGEMAR KOREAN POP (K-POP) DI SAMARINDA
Kharisma Wulandari, 1702055012. Interaksi parasosial merupakan hubungan persahabatan atau kelekatan yang terjalin dengan tokoh yang muncul di media berdasarkan ikatan afektif yang dirasakan seseorang terhadap tokoh media tersebut. Dalam interaksi parasosial para penggemar dapat berpartisipasi secara aktif secara mental dalam kehidupan dan kepribadian sang idola, sehingga menimbulkan perasaan bahwa apara penggemar mengenal seperti mengenal temannya sendiri. Interaksi yang terjadi dapat menimbulkan sebuah tingkat loyalitas pada penggemar Korean Pop (K-Pop) terlebih bagi para remaja terhadap idola favorit mereka.Penelitian ini menggunakan teori interaksi parasosial dan teori perilaku konsumen dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu, memanfaatkan wawancara secara mendalam untuk menelaah fenomena yang dialami oleh objek penelitian bisa berupa persepsi, perilaku, motivasi, tindakan, dan lain-lain.Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik wawancara informan yang sesuai dengan karakteristik yang telah ditetapkan oleh peneliti. Penelitian ini berfokus pada motivasi terjadinya interaksi parasosial dan tingkat loyalitas remaja akhir penggemar Korean Pop (K-Pop) di Samarinda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat interaksi parasosial yang terjadi pada remaja akhir penggemar Korean Pop (K-Pop) di Samarinda berada di tingkay Intense Personal Feeling, yaitu penggemar dapat merasakan apa yang dirasakan oleh oleh idola favorit mereka serta penggemar pun dapat meraskaan kedekatan yang lebih dalam dengan idola melalui interaksi di media sosial.Dan tingkat loyalitas yang dicapai oleh remaja akhir penggemar Korean Pop (K-Pop) di Samarinda telah mencapai pada tingkat The Relationship yang dimana pada tahap ini tingkat loyalitas sudah tidak mempertimbangkan pada harga dan produk dalam melakukan pembelian barang yang berkaitan dengan idola (merchandise).Para penggemar tidak melakukan pembelian berdasarkan kegunaan barang tersebut sebagai bentuk dukungan kepada idola mereka sehingga tidak mempertimbangkan harganya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | INTERAKSI PARASOSIAL DAN TINGKAT LOYALITAS REMAJA AKHIR PENGGEMAR KOREAN POP (K-POP) DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Kharisma Wulandari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KHA i 2022 |
Subyek | interaksi parasosial, loyalitas, K-Pop |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY