Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Museum Virtual Terhadap Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 11 Samarinda
Nurdiana,2022. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Museum Virtual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 11 Samarinda. Dibimbing oleh Bapak Muhamad Sopyan, M.Pd, Selaku Pembimbing I dan kepada Ibu Siti Marfuah, M.Pd, selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta seberapa besar signifikansi pengaruh media pembelajaran museum virtual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN 11 Samarinda. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan posttest – only control design. Sampel yang di gunakan terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI MIPA 3) dan kelas kontrol (XI MIPA 1). Pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian uji hipotesis yang dilakukan di peroleh uji thitung = 6,728 > ttabel = 2,034 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh antara media pembelajaran museum virtual terhadap minat belajar siswa, kemudian, fhitung = 45,265 > ftabel = 4,160 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran museum virtual terhadap minat belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi variabel X dan Y pada kelas eksperimen adalah 0,770 sehingga di kategorikan tingkat korelasi kuat yaitu pada rentang0,6 – 0,799. Dengan perbandingan koefisien determinan sebesar 59,4%. Hal ini membuktikan bahwa siswa perlu media pembelajaran yang lebih menarik kreatif dan inovatif lagi dalam membantu guru menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas. Dan media pembelajaran Museum virtual dapat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah di kelas.
Kata Kunci : Minat Belajar, Media Pembelajaran, Museum Virtual, Sejarah
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Museum Virtual Terhadap Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 11 Samarinda |
---|---|
Pengarang | NURDIANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI Nur p 2022 |
Subyek | Sejarah Minat Belajar, Media Pembelajaran, Museum Virtual, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Sejarah |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY