Detail Cantuman Kembali
Grace Permatawati P - Personal Name

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Yang Menginap Pada Hotel Mesra Di Kota Samarinda

Kota Samarinda merupakan daerah yang memiliki persaingan bisnis yang cukup besar dalam bidang akomodasi perhotelan. Hotel Mesra Samarinda sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan mengalami tingkat kunjungan yang fluktuatif. Salah satu cara meningkatkan kepuasan tamu hotel adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara melihat kebutuhan dan keinginan atas pelayanan menjadi faktor kunci untuk keberhasilan hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Hotel Mesra Kota Samarinda. Kualitas pelayanan (X) digunakan sebagai variabel independen sedangkan kepuasan pengunjung (Y) menjadi variabel dependen. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara kepada 100 responden menggunakan kuesioner. Data sekunder diperoleh dengan melakukan observasi lapangan. Hasil pengamatan dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan bantuan software statistik SPSS. Dari hasil analisis uji simultan pada variabel-variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung yang menginap pada Hotel Mesra Samarinda. Dari hasil uji parsial diperoleh bahwa variabel-variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung adalah variabel bukti fisik. Hal ini menunjukan bahwa konsumen merasa puas penampilan berpakaian yang rapi, kemampuan sarana dan prasarana fisik perusahaan seperti area parkir yang luas dan lingkungan yang ada disekitar Hotel Mesra Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Yang Menginap Pada Hotel Mesra Di Kota Samarinda
Pengarang Grace Permatawati P - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI GRC p 2022
Subyek Kualitas Pelayanan
kepuasan pengunjung
hotel Mesra Samarinda
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Bisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua