Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Yang Menginap Pada Hotel Mesra Di Kota Samarinda
Kota Samarinda merupakan daerah yang memiliki persaingan bisnis yang cukup besar dalam bidang akomodasi perhotelan. Hotel Mesra Samarinda sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan mengalami tingkat kunjungan yang fluktuatif. Salah satu cara meningkatkan kepuasan tamu hotel adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara melihat kebutuhan dan keinginan atas pelayanan menjadi faktor kunci untuk keberhasilan hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Hotel Mesra Kota Samarinda. Kualitas pelayanan (X) digunakan sebagai variabel independen sedangkan kepuasan pengunjung (Y) menjadi variabel dependen. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara kepada 100 responden menggunakan kuesioner. Data sekunder diperoleh dengan melakukan observasi lapangan. Hasil pengamatan dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan bantuan software statistik SPSS. Dari hasil analisis uji simultan pada variabel-variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung yang menginap pada Hotel Mesra Samarinda. Dari hasil uji parsial diperoleh bahwa variabel-variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung adalah variabel bukti fisik. Hal ini menunjukan bahwa konsumen merasa puas penampilan berpakaian yang rapi, kemampuan sarana dan prasarana fisik perusahaan seperti area parkir yang luas dan lingkungan yang ada disekitar Hotel Mesra Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Yang Menginap Pada Hotel Mesra Di Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Grace Permatawati P - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI GRC p 2022 |
Subyek | Kualitas Pelayanan kepuasan pengunjung hotel Mesra Samarinda |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY