Detail Cantuman Kembali
Febiwina - Personal Name

KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP BAKSO SURIMI IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus var. sangkuriang)

Febiwina. 2022. Karakterisitk Fisikokimia Dan Penerimaan Konsumen Terhadap Bakso Surimi Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus var. Sangkuriang). (dibimbing oleh Ita Zuraida dan Seftylia Diachanty). Bakso ikan merupakan produk olahan hasil perikanan yang menggunakan lumatan daging atau surimi dan dicampur tepung tapioka sebagai pengenyal untuk memperbaiki tekstur pada bakso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisikokimia bakso surimi ikan lele sangkuriang dengan penambahan tepung tapioka dan konsentrasi tepung terbaik untuk menghasilkan bakso yang disukai konsumen. Penelitian ini menggunakan perlakuan surimi ikan lele sangkuriang dan tepung tapioka terdiri dari P0; 100g surimi tanpa tepung tapioka, P1; 95g surimi : 5g tepung tapioka, P2; 90g surimi : 10g tepung tapioka, P3; 85g surimi : 15g tepung tapioka dan P4; 80g surimi : 20g tepung tapioka. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan
pengamatan kimia (Kadar air, abu, protein dan lemak) fisik (expressible moinsture content, warna dan lipat) dan Kruskal-Wallis untuk uji hedonik (rasa, aroma, warna dan tekstur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan rasio surimi lele dan tepung tapioka memberikan pengaruh nyata (p0,05) terhadap hasil uji lipat dan warna basko. Penambahan tepung tapioka berpangaruh nyata terhadap uji hedonik pada parameter rasa, aroma, warna dan tekstur.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP BAKSO SURIMI IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus var. sangkuriang)
Pengarang Febiwina - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FEB k 2022
Subyek bakso
surimi
ikan lele sangkuriang,
tepung tapioka.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit
Jurusan TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua