Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Mind Mapping dengan Media Gambar Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Siswa Kelas IV SDN 005 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022
Milka Paramban, 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Mind Mapping dengan Media Gambar Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Siswa Kelas IV SDN 005 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022. Pembimbingoleh (1) Sukriadi, S.Pd., M.Pd. dan (2) Muhlis, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Mind Mapping dengan Media Gambar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 005 Marangkayu tahun pembelajaran 2021/2022 dengan jumlah ketuntasan yang hanya 28% dari 28 siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Mind Mapping dengan Media Gambar Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Siswa Kelas IV SDN 005 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022?”.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 005 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022 dengan jumlah 28 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA menggunakan Mind Mapping dengan Media Gambar yang dilaksanakan di Marangkayu pada semester genap tahun pembelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan nilai rata-rata, persentase dan peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar IPA siswa dengan nilai rata-rata hasil belajar dari pra siklus sebesar 55,53 dengan jumlah siswa tuntas 12 orang, persentase sebesar 28% menjadi nilai rata-rata sebesar 60,96 pada siklus I dengan jumlah siswa tuntas 12 orang, persentase sebesar 42,85% dan persentase peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 10,77%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar 76,64 dengan jumlah siswa tuntas 23 orang, persentase sebesar 82,14% dan persentase peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus II sebesar 38,01%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Mind Mapping dengan Media Gambar Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Siswa Kelas IV SDN 005 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Mind Mapping dengan Media Gambar Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Siswa Kelas IV SDN 005 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | MILKA PARAMBAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MIL p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar IPA, Mind Mapping dengan Media Gambar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY