Detail Cantuman Kembali
Yozan Septari - Personal Name

Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani Di Desa Citra Manunggal Jaya Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur

YOZAN SEPTARI. Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani di Desa Citra Manunggal Jaya Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022. (dibawah bimbingan Juraemi dan Nike Widuri).
Penyuluh pertanian merupakan agen perubahan yang berhubungan langsung dengan petani yang ia bina, dari kegiatan penyuluhan yang diberikan penyuluh dapat menjadi sarana kebijakan yang efektif untuk mendorong terciptanya suatu pengembangan, salah satunya yakni bagi kelompok tani.
Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui bagaimana peran penyuluh pertanian dalam pengembangan kelompok tani binaanya.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Citra Manunggal Jaya pada bulan Juni sampai Juli 2021. Penentuan sampel dilakukan dengan metode proporsional random sampling dengan tingkat presisi 15% dan jumlah responden sebanyak 36. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini mengunakan metode pengukuran Skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penyuluh pertanian dalam pengembangan kelompok tani mencakup penguatan kelompok tani menjadi kelembagaan yang kuat, peningkatan kemampuan anggotannya dalam agribisnis dan meningkatkan kemampuannya dalam menjalankan fungsi di Desa Citra Manunggal Jaya Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur menunjukkan pada 7 indikatornya yakni peran penyuluh sebagai pembimbing memiliki nilai rata-rata 6,94, peran penyuluh sebagai organisator dan dinamistor memiliki nilai rata-rata 5,86, peran penyuluh sebagai teknisi memiliki nilai rata-rata 5,80, peran penyuluh sebagai konsultan memiliki nilai rata-rata 5,83, peran penyuluh sebagai pendidik memiliki nilai rata-rata 7,13, peran penyuluh sebagai pemimpin memiliki nilai rata-rata 7,02, dan peran penyuluh sebagai penasehat memiliki nilai rata-rata 7,30. Sehingga tingkat peran penyuluh pertanian dalam pengembangan kelompok tani di Desa Citra Manunggal Jaya Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur termasuk dalam kategori sedang, dengan jumlah skor rata-rata untuk keseluruhan indikatornya sebesar 45,91 yang artinya bahwa pengembangan kelompok tani yang ada sejauh ini masih tergolong cukup baik.
Kata kunci: Peran Penyuluh Pertanian, Pengembangan, Kelompok tani.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani Di Desa Citra Manunggal Jaya Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur
Pengarang Yozan Septari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YOZ p 2022
Subyek Peran Penyuluh Pertanian, Pengembangan, Kelompok t
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua