Detail Cantuman Kembali
Siti Wulan Yuliarti - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menentukan Isi Teks Bacaan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas III SDN 020 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2021/2022

Siti Wulan Yuliarti, 2022. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menentukan Isi Teks Bacaan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) pada Siswa Kelas III SDN 020 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2021/2022. “Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. La Djangka, M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing I dan Muh. RamliBuhari, S.Pd.,M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing II”.

Kata Kunci :Hasil belajar Bahasa Indonesia, Isi teks bacaan, Model CIRC

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas III SDN 020 Samarinda Ulu khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menentukan isi teks bacaan. Masalah tersebut dapat diatasi dengan model pembelajaran yang tepat, salah satu model pembelajaran yang tepat dan dapat melibatkan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menentukan isi teks bacaan menggunakan model CIRC pada siswa kelas III SDN 020 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 020 Samarinda Ulu pada semester II (Genap) tahun pembelajaran 2021/2022.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SDN 020 Samarinda Ulu yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia materi menentukan isi teks bacaan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)pada siswa kelas III SDN 020 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2021/2022.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar, rata-rata, nilai akhir, dan peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata Bahasa Indonesia pada pra siklus nilai rata-rata siswa 55 dengan persentase 46,15%, kemudian nilai rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 65,57 dengan persentase 65,38%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 83,07 dengan persentase 84,61%, nilai rata-rata tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa untuk materi menentukan isi teks bacaan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas III SDN 020 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2021/2022 mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menentukan Isi Teks Bacaan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas III SDN 020 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2021/2022
Pengarang Siti Wulan Yuliarti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT p 2022
Subyek Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Isi Teks Bacaan, C
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua