Detail Cantuman Kembali
Siti Ariyanti Lestari - Personal Name

Pengaruh Model Polya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik kelas IV SD Negeri 014 Samarinda Ulu dalam memecahkan masalah soal cerita matematika.Hal ini disebabkan oleh penggunaan model dalam kegiatan pembelajaran yang belum berorientasi agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu model yang dapat digunakan utuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah model Polya. Sehingga, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Polya terhadap hasil belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SD Negeri 014 Samarinda Ulu.
Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen.Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimentaldengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 014 Samarinda Ulu.Pada penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel seluruhnya sebanyak 44 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes, observasi, dan dokumentasi.Sehingga, instrumen penelitiannya terdiri dari lembar pretest dan posttest, lembar observasi aktivitas guru, serta pedoman dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney karena hasil penelitian yang didapatkan tidak berdistribusi normal dan tidak homogen.
Hasil penelitian dari pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney, menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2 tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 44 sebesar 0,000. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji Mann-Whitney, jika nilai Asymp.Sig. (2-tailed) ≤ 0,05 maka Hα diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, karena nilai Asymp.Sig. (2-tailed) yang didapatkan lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Polya terhadap hasil belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SD Negeri 014 Samarinda Ulu.  

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Model Polya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV
Pengarang Siti Ariyanti Lestari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT p 2022
Subyek Model Polya, Hasil Belajar Matematika,
Keliling dan Luas Bangun Datar.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua