Detail Cantuman Kembali
Helwena - Personal Name

Efektivitas Penggunaan Video Animasi terhadap Tingkat Pengetahuan dan Motivasi Orang Tua dalam Mengizinkan Siswa untuk Mengikuti Gerakan Vaksinasi Covid-19 di SD Negeri 013 Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara

Covid-19 telah ditetapkan sebagai masalah kesehatan global. Pelaksanaan PTM membuat satuan pendidikan harus waspada terhadap penyebaran Covid-19. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan vaksinasi Covid-19. Perlu adanya edukasi mengenai vaksinasi Covid-19 agar para orang tua dapat mengizinkan siswa untuk mendapatkan vaksin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan motivasi orang tua siswa mengenai vaksin Covid-19 usia 6 sampai dengan 11 tahun dalam mengizinkan siswa untuk mengikuti gerakan vaksinasi Covid-19 di SD Negeri 013 Tenggarong Seberang. Penelitian ini menggunakan pre- eksperiment dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel sebanyak 33 orang tua siswa. Variabel pengetahuan dianalisa dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test, sedangkan variabel motivasi menggunakan uji Paired Sample T-test. Rata-rata tingkat pengetahuan pada saat pre-test adalah 8.48, meningkat pada saat post-test menjadi 9.64. Rata-rata tingkat motivasi pada saat pre-test adalah 38.82, meningkat pada saat post-test menjadi 42.48. P-value pada kedua variabel adalah < 0.05 yang artinya terjadi peningkatan pengetahuan dan motivasi orang tua siswa dalam mengizinkan siswa untuk mengikuti gerakan vaksinasi Covid-19 sebelum dan sesudah diberikan intervensi video animasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah video animasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan motivasi orang tua siswa, sehingga peneliti selanjutnya dapat menggunakan intervensi video animasi dengan pengembangkan informasi secara lebih detail mengenai vaksin Covid-19 usia 6 sampai dengan 11 tahun.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Efektivitas Penggunaan Video Animasi terhadap Tingkat Pengetahuan dan Motivasi Orang Tua dalam Mengizinkan Siswa untuk Mengikuti Gerakan Vaksinasi Covid-19 di SD Negeri 013 Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara
Pengarang Helwena - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HEL e 2022
Subyek Video Animasi, Vaksin Covid-19,
Pengetahuan, Motivasi, Orang Tua
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua