Detail Cantuman Kembali
Fachri Syamdoni Nawik - Personal Name

EFEKTIVITAS PROGRAM PEKARANGAN PANGAN LESTARI (P2L) DALAM KETERSEDIAAN PANGAN KELUARGA DI KOTA BONTANG

FACHRI SYAMDONI NAWIK. Efektivitas Program Pekarangan Pangan Lestri (P2L) dalam Keersediaan Pangan Keluarga di Kota Bontang Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022 (dibawah bimbingan Eko Harri Yulianto dan Rita Mariati).
Pekarangan Pangan Lestari (P2L) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021 sampai Januari 2022 terhitung sejak pengumpulan data dan survey lapangan sampai penyusunan laporan akhir. Lokasi penelitian dilaksanakan pada kelompok P2L di Kota Bontang.
Berdasarkan perumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi efektivitas P2L di Kota Bontang dan Mengetahui seberapa efektivitas Program P2L dalam Ketersediaan Pangan Keluarga di Kota Bontang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah efektifitas program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dalam Ketersediaan Pangan Keluarga di Kota Bontang.
Penentuan Subjek penelitian mengunakan teknik purposive sampling dengan populasi 545 dan jumlah responden 41 dilakukan pada 17 kelompok P2L di Kota Bontang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesipulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas program pekarangan pangan lestari (P2L) dalam Ketersediaan Pangan Keluarga di Kota Bontang yaitu sangat efektif dalam ketersediaan pangan keluarga dengan tingkat keberhasilan pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi mencapai 68,7 dilihat dari tujuan yang telah di tetapkan yaitu meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar dan meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

Kata Kunci : Efektifitas, P2L,Perencanaan,Pelaksanaan, dan Evaluasi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS PROGRAM PEKARANGAN PANGAN LESTARI (P2L) DALAM KETERSEDIAAN PANGAN KELUARGA DI KOTA BONTANG
Pengarang Fachri Syamdoni Nawik - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAC e 2022
Subyek Efektifitas, P2L,Perencanaan,Pelaksanaan,
dan Evaluasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua