KINERJA APARATUR DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAHAKAM ULU
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis dari kinerja aparatur dalam pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mahakam Ulu serta mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor penghambat kinerja aparatur dalam pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mahakam Ulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan analisis model interaktif. Lokus penelitian ini berada pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mahakam Ulu dengan fokus penelitian meliputi produktivitas, kualitas pelayanan publik, responsivitas, resposibilitas dan akuntabilitas. Hasil penelitian menyimpulkan pada aspek produktivitas telah baik dengan telah mencapai target yang telah ditetapkan, pada aspek kualitas pelayanan publik secara umum sudah baik, namun masih ada kekurangan pada waktu pelayanan. Aspek responsivitas belum optimal. Aspek responsibilitas juga belum optimal dikarenakan oleh keterbatasan anggaran. Kemudian pada aspek akuntabilitas juga belum optimal yang ditandai dengan masih rendahnya akurasi terhadap pekerjaan serta kurang disiplinya pegawai. Faktor yang menjadi penghambat kinerja aparatur yaitu kurang disiplinya pegawai, tingkat akurasi terhadap pekerjaan yang dilakukan belum optimal, kesadaran masyarakat mengenai dokumen Adminduk yang masih relatif rendah, kurang stabilnya jaringan internet, luasnya wilayah pelayanan dan kurangnya memadainya sarana dan prasarana mendukung pelayanan. Sementara itu yang menjadi faktor pendukung adalah ketersediaan anggaran untuk inovasi pelayanan, sistem kerja yang telah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang memudahkan dalam menjalankan mekanisme kerja dan pengawasan serta evaluasi terhadap kinerja yang telah dicapai.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KINERJA APARATUR DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAHAKAM ULU |
---|---|
Pengarang | KORNELIUS BALA - Personal Name |
No. Panggil | TESIS KOR k 2022 |
Subyek | Kinerja Aparatur Dalam Pelayanan Kinerja, Pelayanan Publik, Disdukcapil, Mahakam Ulu |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | |
Jurusan | MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY