KEBIJAKAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PERENCANAAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI SAMARINDA
Penelitian bertujuan menguraikan 1) kebijakan kepemimpinan dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan; 2) pelaksanaan relevan dengan perencanaan kebijakan peningkatan mutu pendidikan; 3) kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan; dan 4) solusi yang dilakukan atas kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Menggunakan penelitian kualitatif studi kasus dilakukan di SMK Negeri Samarinda dengan 3 informan yaitu kepala sekolah, wakil bidang kurikulum dan guru. Temuan penelitian 1) kebijakan kepemimpinan kepala sekolah dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri Samarinda telah dilakukan secara sistematis dan baik; 2) Pelaksanaan yang relevan dengan perencanaan kebijakan peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan melalui program CoE (Center of Excellence), kepala sekolah bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan dan proses pembelajaran menyenangkan siswa, kestersediaan sarana prasarana dan lingkungan yang nyaman. Hasil pelaksanaan yang relevan menghasilkan banyak prestasi; 3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan SMK Negeri Samarinda yaitu sulitnya menyesuaikan jadwal kegiatan serta kesediaan melaksanakan MoU dengan beberapa pihak dunia usaha/dunia industri (DU/DI); 4) Solusi kepala sekolah mencari alternatif dan penyesuaian jadwal DU/DI, melibatkan DU/DI dan stakeholder sejak perencanaan program.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEBIJAKAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PERENCANAAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | LITA YAU - Personal Name |
No. Panggil | TESIS LIT k 2021 |
Subyek | Mutu pendidikan, kebijakan, dan kepemimpinan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister manajemen pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY