Efektivitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Personal Hygiene pada Siswa SD Negeri 008 Samarinda Ilir
Personal hygiene atau kebersihan diri merupakan praktik memelihara dan merawat kebersihan yang dilakukan secara individu. Personal hygiene sangat memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan anak. Berbagai permasalahan kesehatan yang dipengaruhi oleh personal hygiene pada usia anak sekolah dasar adalah cara menggosok gigi yang baik dan benar, kebersihan individu, dan kebiasaan praktik cuci tangan pakai sabun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audio visual dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap personal hygiene pada siswa kelas 4 di SD Negeri 008 Samarinda Ilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 008 Samarinda Ilir dengan jumlah sampel 56 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann Whitney. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap personal hygiene pada kelompok eksperimen dan kontrol (p value < 0,05). Disimpulkan bahwa media audio visual efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa mengenai personal hygiene. Diharapkan media audio visual menjadi salah satu alternatif yang efektif dalam melaksanakan kegiatan pendidikan kesehatan bagi pihak sekolah untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dalam melakukan personal hygiene.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Efektivitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Personal Hygiene pada Siswa SD Negeri 008 Samarinda Ilir |
---|---|
Pengarang | Merinda Cindy Yunita - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MER e 2022 |
Subyek | Personal Hygiene audio visual sekolah dasar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Jurusan | Kesehatan Masyarakat |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY