Detail Cantuman Kembali
OFFILER FEBRISON MOKAT - Personal Name

KARAKTERISASI SIFAT SENSORIS, KIMIA, FISIK, DAN MIKROBIOLOGI PADA SEASONING JAMUR DAN MANDAI DENGAN PENAMBAHAN BUBUK DAUN MEKAI (Pycnarrhena tumefacta Miers)

OFFILER FEBRISON. Karakteristik Sifat, Kimia, Fisik dan Mikrobiologi pada seasoning (Pycnarrhena Tumefacta Miers) 2022. (Dibawah bimbingan Maulida Rachmawati dan Miftakhur Rohmah). Pemanfaatan bahan alami sebagai penyedap rasa dapat dilakukan untuk mengganti bahan penyedap rasa buatan (Monosodiun Glutamat), masyarakat dayak kenyah biasa menggunakan daun mekai (Pycnarrhena Tumefacta Miers) sebagai bahan penyedap rasa alami atau Seasoning Nabati. Pengunan daun mekai biasanya langsung di masukkan ke dalam masakan dalam kondisi segar, peneliti berupaya membuat daun mekai menjadi bubuk rempah sehingga pengunaanya lebih fleksibel dan tahan lama. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan bubuk mekai pada sifat fisik (pH, total padatan terlarut, kelarutan), sifat kimia (kadar air, kadar abu, kadar lemak, protein) seasoning nabati, menentukan perlakuan terbaik berdasarkan sifat sensoris, fisik, dan kimia, mengetahui angka lempeng total dan aktivitas antioksidan berdasarkan perlakuan terbaik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 1 faktorial dengan 10 perlakuan dan 2 kontrol sampel seasoning nabati mekai dan 3 ulangan, data hasil uji dianalisis menggunakan sidik ragam, perlakuan yang berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf α 5%. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah uji kadar air, kadar abu, kadar lemak, protein, pH, total padatan terlarut, kelarutan, uji organoleptik, angka lempeng total dan uji antioksidan. Hasil analisis evaluasi sensoris penerimaan panelis yang paling disukai adalah sampel perlakuan seasoning nabati dengan penambahan bubuk mekai 10%, 20% dan 30%. Hasil uji proksimat adalah kadar air berturut-turut 11.79 %, 12.40%, 12.40%, Kadar Abu 7,14%, 5,95%, 6,29%, Kadar Lemak 5,98%, 6,80%, 5,30%, Kadar Protein 5,95%, 6,12%, 6,31% dan Kadar Karbohidrat 61,3%, 53,1%, 44,9%. Karakterisasi fisik antara lain kelarutan 99,98%, 99,98%, 99,98%, pH 5,50, 5,60, 5,70 dan total padatan terlarut 4,00 mg/L, 3.67 mg/L, dan 3,33 mg/L, Angka Lempeng Total Kesimpulan dari penelitian ini adalah karakterisasi sifat sensoris, fisik dan kimia seasoning nabati dengan penambahan daun mekai perlakuan terbaik adalah seasoning nabati dengan penambahan 10-30%, hal ini dikarenakan perlakuan tersebut yang mendapat nilai penerimaan konsumen yang paling baik, sejalan dengan hasil uji kimia yang memenuhi standart mutu bumbu rempah bubuk meskipun kadar protein berbanding lurus dengan penambahan daun mekai di dalam perlakuan. Sifat fisik kelarutan, pH, dan total padatan terlarut tidak menunjukan signifikansi antar perlakuan, sedangkan aktivitas antioksidan pada perlakuan mekai 10% menunjukan hasil yang paling tinggi hal ini bisa terjadi karena persentase kandungan mandai di dalam formulasi meskipun signifikasinya masih belum terlihat. Kata Kunci : Mekai, Seasoning Nabati, Karakterisasi, Fisikokimia dan Sensoris.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KARAKTERISASI SIFAT SENSORIS, KIMIA, FISIK, DAN MIKROBIOLOGI PADA SEASONING JAMUR DAN MANDAI DENGAN PENAMBAHAN BUBUK DAUN MEKAI (Pycnarrhena tumefacta Miers)
Pengarang OFFILER FEBRISON MOKAT - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI OFF k 2022
Subyek Mekai, Seasoning Nabati
Karakterisasi, Fisikokimia dan Sensoris
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua