Detail Cantuman Kembali
Juni Setio - Personal Name

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KURIR TERBAIK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESSMENT (Studi Kasus: Sahabat Kurir Samarinda)

Sahabat Kurir Samarinda adalah salah satu dari beberapa kurir online di Kota Samarinda yang sudah cukup lama beroperasi. Kurir yang bergabung tidak setiap hari aktif semua karena pada umumnya kurir tersebut mempunyai pekerjaan lain dan menjadikan kurir sebagai pekerjaan sampingan. Dikarenakan hal tersebut, admin kurir memberikan apresiasi terhadap kurirnya, setiap bulan akan dipilih satu kurir terbaik untuk mendapatkan reward. Pemilihan kurir terbaik dilakukan secara manual oleh admin, maka dari itu dibangun aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk membantu memberikan rekomendasi kurir terbaik sehingga admin kurir tidak perlu menggunakan cara manual untuk memilih kurir terbaik. Metode yang digunakan pada aplikasi SPK Kurir ini adalah metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS). Metode WASPAS dapat digunakan pada aplikasi SPK Kurir menggunakan lima kriteria yaitu Jumlah Orderan, Jumlah Pendapatan, Waktu Aktif, Kehadiran, dan Orderan Ditolak dan alternatif berjumlah 38 kurir. Data tersebut didapatkan melalui observasi wawancara terhadap admin kurir. Setelah data diperoleh kemudian aplikasi SPK Kurir dibangun untuk dilakukan perhitungan terhadap 38 kurir sebagai alternatif dan didapatkan hasil nilai preferensi terbesar pada bulan Januari terdapat pada alternatif A17 dengan nilai sebesar 0.968, urutan ke-2 alternatif A30 dengan nilai sebesar 0.832, urutan ke-3 alternatif A23 dengan nilai sebesar 0.797, urutan ke-4 alternatif A29 dengan nilai sebesar 0.785, urutan ke-5 alternatif A5 dengan nilai sebesar 0.768. Nilai preferensi terbesar pada bulan Februari terdapat pada alternatif A14 dengan nilai preferensi sebesar 0.913, urutan ke-2 alternatif A29 dengan nilai sebesar 0.730, urutan ke-3 alternatif A30 dengan nilai sebesar 0.667, urutan ke-4 alternatif A17 dengan nilai sebesar 0.633, urutan ke5 alternatif A3 dengan nilai sebesar 0.614. 3. Pengujian menggunakan BlackBox Testing menunjukkan bahwa fitur-fitur pada sistem berfungsi 100%. Pengujian validasi menunjukkan tingkat kesamaan pada bulan Januari sebesar 60%, sedangkan pada bulan Februari sebesar 40%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KURIR TERBAIK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESSMENT (Studi Kasus: Sahabat Kurir Samarinda)
Pengarang Juni Setio - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JUN s 2022
Subyek SPK
Kurir
Metode WASPAS
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua