Detail Cantuman Kembali
Elisa Feronica - Personal Name

OPTIMASI ALGORITMA NAÏVE BAYES MENGGUNAKANALGORITMA GENETIKA UNTUK MEMPREDIKSI KELULUSAN (STUDI KASUS: MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS MULAWARMAN)

Algoritma Naïve Bayes adalah metode klasifikasi yang menggunakan prinsip probabilitas untuk membuat model prediksi.Naïve Bayes didasarkan pada asumsi bahwa semua atributnya bersifat independen yang dapat dioptimasi dengan algoritma genetika. Algoritma Genetika adalah teknik optimasi yang cara kerjanya meniru proses evaluasi dan perubahan struktur genetika pada makhluk hidup. Pada penelitian ini, dilakukan optimasi algoritma Naïve Bayes menggunakan algoritma genetika untuk memprediksi kelulusan mahasiswa dengan beberapa atribut, yaitu jenis kelamin, asal daerah, jalur masuk dan status pekerjaan. Data yang digunakan merupaakan data mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Mulawarman yang lulus pada bulan Maret Tahun 2018 sampai dengan bulan Desember Tahun 2020. Hasil dari penelitian ini menunjukan nilai akurasi yang dihasilkan Naïve Bayes sebesar 50% meningkat sebesar 16,67% setelah atribut dioptimasi menggunakan algoritma genetika menjadi 66,67% dengan 3 atribut terpilih yaitu asal daerah, jalur masuk dan status pekerjaan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul OPTIMASI ALGORITMA NAÏVE BAYES MENGGUNAKANALGORITMA GENETIKA UNTUK MEMPREDIKSI KELULUSAN (STUDI KASUS: MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS MULAWARMAN)
Pengarang Elisa Feronica - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ELI o 2022
Subyek algoritma genetika
Algoritma Naive abyes
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua