Detail Cantuman Kembali
Noor Fitriana Ananda - Personal Name

PERAN PENYULUH PERIKANAN DALAM MEMBINA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) DI KECAMATAN BALIKPAPAN TIMUR KOTA BALIKPAPAN

NOOR FITRIANA ANANDA, 2022. Peran Penyuluh Perikanan Dalam Membina Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) di Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan (dibimbing oleh H. Helminuddin dan Hj. Elly Purnamasari)
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Penyuluh Perikanan Dalam Membina Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) di Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan dan mengetahui kendala yang dihadapi penyuluh perikanan dalam melaksanakan perannya membina kelompok pembudidaya ikan (POKDAKAN) di kecamatan Balikpapan Timur. Pengumpulan data primer dilaksanakan pada bulan November 2021 di Kecamatan Balikpapan Timur, perolehan data primer dengan wawancara menggunakan daftar pertanyaan yang disusun sesuai dengan tujuan penelitian. Metode penentuan sampel mengacu kepada metode sensus yakni sebanyak 56 orang pembudiaya ikan seluruhnya dijadikan responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator peran penyuluh sebagai motivator dan komunikator berada pada kategori tsangat berperan, sedangkan peran penyuluh sebagai fasilitator. mediator dan organisator berada pada kategori berperan. Persepsi kelompok pembudidaya ikan terhadap peran penyuluh perikanan di Kecamatan Balikpapan Timur secara keseluruhan berada pada kategori sangat berperan dengan skor rata-rata 37,85. Kendala yang di hadapi oleh penyuluh perikanan dalam membina kelompok pembudidaya ikan adalah akses jalan menuju lokasi yang rusak terutama ketika musim penghujan sehingga susah dilewati. Kendala lainnya adalah penyuluh sering tidak mendapat pembaruan informasi berkaitan teknologi dari instansi terkait.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PENYULUH PERIKANAN DALAM MEMBINA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) DI KECAMATAN BALIKPAPAN TIMUR KOTA BALIKPAPAN
Pengarang Noor Fitriana Ananda - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOO p 2022
Subyek Peran Penyuluh Perikanan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit
Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua