Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Samarinda
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan belajar siswa kelas IX di tinjau dari aspek kesiapan fisik, mental, materi dan emosional. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 45 siswa kelas IX IPS dengan jumlah 18 siswa Laki-laki dan 27 siswa Perempuan di SMP Negeri 21 samarinda. Metode pengumpulan data pada penelitian ini di antaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan serta verifikasi Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa cukup dikatakan baik dari kesiapan fisik yang dimana siswa selalu menjaga kesehatan. Siswa juga sangat siap dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa bisa memberikan pendapat atau argumen yang ditinjau dari kesiapan mental. Siswa juga dikatakan baik dari kesiapan materi yang mana siswa memiliki buku paket dan buku catatan yang dimana buku catatan tersebut digunakan untuk merangkum atau menulis materi yang sudah diberikan, sehingga materi tersebut akan menjadi bahan tambahan untuk belajar. Dikatehui bahwa siswa dapat mengatasi permasalahan serta mengikuti arahan ditinjau dari kesiapan emosional siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Wa Rapida - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WAR a 2022 |
Subyek | Kesiapan Belajar, Pembelajaran IPS, SMP Negeri 21 |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY