Detail Cantuman Kembali
Firda Nurjanah - Personal Name

Pengaruh Kombinasi Pelet Maggot (Hermetia illucens L) dalam Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus L)

Pakan merupakan salah satu komponen penting dalam budidaya ikan yang mengandung submateri dan energi yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup, kesehatan serta pertumbuhan. Kendala utama adalah harga pakan ikan yang mahal karena masih mengandalkan pakan komersial sebagai sumber protein. Maggot (Hermetia illucens) mempunyai potensi sebagai bahan alternatif pakan yang dapat diolah menjadi pelet untuk pakan ikan nila (Oreochromis niloticus). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kombinasi pelet maggot (Hermetia illucens) dalam pakan komersial terhadap pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus) dan untuk mengetahui kombinasi pelet maggot yang dapat memberikan pengaruh pertumbuhan terbaik terhadap ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Frekuensi pemberian pakan 2 kali sehari pagi dan sore. Pengukuran panjang, bobot, kualitas air, dan tingkat kelangsungan hidup setiap 15 hari sekali. Hasil dari penelitian didapatkan pertumbuhan panjang dan bobot tertinggi terdapat pada perlakuan D dengan kombinasi 75% pelet maggot dan 25% pakan komersial yaitu 7,66 cm dan 15,11 gram serta nilai kelangsungan hidup 95% -100%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Kombinasi Pelet Maggot (Hermetia illucens L) dalam Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus L)
Pengarang Firda Nurjanah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIR p 2022
Subyek Pakan, Panjang, Bobot, Maggot, Ikan Nila
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua