Detail Cantuman Kembali
Destela Rizka Andira - Personal Name

Pengaruh Ekstrak Batang Kenikir (Cosmos caudatus) terhadap Daya Hambat Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus ATCC 33591 (Sebagai Penunjang Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Materi Metabolisme)

Destela Rizka Andira, 2022. Pengaruh ekstrak batang kenikir (Cosmos caudatus) untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus (Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Materi Metabolisme). Penelitian ini di bawah bimbingan Prof. Dr. Didimus Tanah Boleng, M. Kes selaku pembimbing I dan H. Dr. Akhmad, M. Kes selaku pembimbing II.
Tumbuhan kenikir (Cosmos caudatus) merupakan tanaman yang masih kurang dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga penulis tertarik untuk meneliti batang kenikir sebagai antibakteri karena pada batang kenikir mengandung metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin dan polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Stahphylococcus aureus. Penelitian ini bentujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak batang kenikir serta konsentrasi yang paling optimal untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen nyata. Pengujian antibakteri dilakukan secara kuantitatif dengan metode difusi sumuran, menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan. Empat variasi konsentrasi yang diberikan adalah 25%, 50%, 75% dan 100 %. Serta 2 kontrol yakni kontrol positif dengan kloramfenikol dan 0% sebagai kontrol negatif dengan aquades.
Data yang diperoleh dianalisis menggunaka analisis varian satu arah dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak batang kenikir (Cosmos caudatus) berpengaruh dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus seperti yang ditunjukkan dari hasil uji anova yaitu Fhitung (783.7) > Ftabel (2,77) pada taraf 0,05. Konsentrasi 100% memberikan pengaruh sangat baik untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dengan rata-rata diameter zona hambat 26,2 mm.
Kata kunci : Batang Kenikir (Cosmos caudatus), Bakteri Staphylococcus aureus.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Ekstrak Batang Kenikir (Cosmos caudatus) terhadap Daya Hambat Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus ATCC 33591 (Sebagai Penunjang Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Materi Metabolisme)
Pengarang Destela Rizka Andira - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DES p 2022
Subyek Batang kenikir (Cosmos caudatus), Bakteri Staphylo
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua