Detail Cantuman Kembali
RITA SIANTURI - Personal Name

Validitas Bahan Ajar Kimia Berorientasi Berpikir Kritis Pada Perubahan Materi Dan Pemisahan Campuran Untuk Siswa Sekolah Kejuruan Teknik Bangunan Di SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara”

Rita Sianturi, 2021 “Validitas Bahan Ajar Kimia Berorientasi Berpikir Kritis Pada Perubahan Materi Dan Pemisahan Campuran Untuk Siswa Sekolah Kejuruan Teknik Bangunan Di SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara”. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing Prof. Dr. H. Mukhamad Nurhadi,M.Si selaku dosen pembimbing I dan Prof. Dr. Aman Sentosa Panggabean,M.Si selaku dosen pembimbing II”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan bahan ajar kimia yang dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas X pada kompetensi keahlian Teknik Bangunan. Dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Research and Development (R & D) Borg & Gall yaitu metode penelitian yang menghasilkan penelitian yang menggunakan prosedur tertentu dan menguji kelayakan dan kepraktisan suatu produk, meliputi 7 (tujuh) tahapan yaitu: (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data dan informasi (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) analisis data dan pelaporan. Bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa dan praktisi pendidikan dengan menggunakan lembar validasi sesuai standar Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Berdasarkan hasil validasi bahan ajar ini dinyatakan layak oleh para ahli materi, ahli bahasa dan praktisi pendidikan. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh rata – rata persentase sebesar 98,75% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi oleh ahli bahasa sebesar 87,5% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi oleh praktisi diperoleh rata – rata persentase sebesar 87,95 % dengan kriteria sangat valid. Bahan ajar yang telah divalidasi dibagikan kepada 2 (dua) guru kimia SMK Kompetensi Keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan kepada siswa kelas X SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara, Kompetensi Keahlian Teknik Bangunan pada jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap bahan ajar dengan menggunakan angket, diperoleh hasil persentase rata – rata respon siswa terhadap bahan ajar adalah sebesar 77% dengan kriteria praktis dan persentase rata – rata respon guru adalah sebesar 88% dengan kriteria sangat praktis.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Validitas Bahan Ajar Kimia Berorientasi Berpikir Kritis Pada Perubahan Materi Dan Pemisahan Campuran Untuk Siswa Sekolah Kejuruan Teknik Bangunan Di SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara”
Pengarang RITA SIANTURI - Personal Name
No. Panggil TESIS RIT v 2022
Subyek Research and Development (R&D),
Brog and Gall, Bahan Ajar,
Berorientasi Berpikir Kritis,
Perubahan Materi dan Pemisahan Campuran
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua