Penerapan Pengasuhan Anak Usia 3-4 Tahun Di Taman Penitipan Anak Ibnu Sina Tenggarong
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengasuhan yang mendukung perkembangan sejak dini adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyusunan program, penerapan pegasuhan serta faktor penghambat dan pendukung menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian: Guru/pengasuh dan Kepala sekolah di TPA Ibnu Sina Tenggarong. Pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penyusunan di TPA berbasisi kurikulum 2013 dan berbentuk program fail day dan half day (2) penerapan pengasuhan dalam bentuk program full day dan half day yang dipilih orang tua (3) faktor pendukung yaitu sarana prasarana yang memadai dan biaya yang terjangkau, sedangkan faktor penghambat adalah kualifikasi pengasuh masih lulusan SMA dan belum pernah mengikuti sertifikasi. Dengan demikian, menyimpulkan penelitian ini berimplementasi penerapan pengasuhan anak usia dini dapat di selenggarakan melalui Taman Penitipan Anak sebagai lingkungan kedua bagi anak.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Pengasuhan Anak Usia 3-4 Tahun Di Taman Penitipan Anak Ibnu Sina Tenggarong |
---|---|
Pengarang | SHERA ZULFIANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SHE p 2022 |
Subyek | anak usia dini, pengasuhan, taman penitipan anak |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY