Detail Cantuman Kembali
Miranda - Personal Name

Co-Pirolisis Campuran Mikroalga Hijau (Botryococcus braunii) dengan Serbuk Kayu Meranti Menggunakan Instrumen Pyrolysis-Gas Chromatography-Mass Spectrometry (PY-GC/MS)

Studi co-pirolisis campuran mikroalga hijau (Botryococcus braunii) dan serbuk kayu meranti menggunakan instrumen pyrolysis-gas chromatography-mass spectrometry (Py-GC/MS) telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komposisi kimia produk pirolisis serbuk kayu meranti dan co-pirolisis campuran mikroalga hijau (Botryococcus braunii) dengan serbuk kayu meranti. Pirolisis dan co-pirolisis dilakukan dengan tiga variasi suhu yang berbeda yaitu 350°C, 450°C dan 550°C. Serbuk kayu meranti memiliki kadar air 12±0,001%, kadar abu 0,76%, kadar α-selulosa 66%, kadar lignin 35±0,047% serta kadar hemiselulosa 2%. Berdasarkan nilai persen area senyawa yang teridentifikasi pada pirogram, produk pirolisis serbuk kayu meranti mengandung senyawa turunan lignin (29-50%) dan turunan selulosa/hemiselulosa (7-17%). Kemudian, produk copirolisis campuran mikroalga hijau (Botryococcus braunii) dan serbuk kayu meranti merupakan hasil dekomposi termal dari lignin (16-38%), selulosa/hemiselulosa (4-19%), protein (2-3%), karbohidrat (1-21%), lipid (0-9%) dan klorofil (2-6%). Produk co-pirolisis dengan persen area tertinggi yaitu 2- Methoxy-4-vinylphenol, beta.-D-Glucopyranose, 1,6-anhydro-, Phenol, 4-ethenyl2,6-dimethoxy-, Methyl glyoxal, Ammonium acetate, E)-2,6-Dimethoxy-4-(prop-1- en-1-yl)phenol, utanenitrile, 3-oxo- dan Acetic acid.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Co-Pirolisis Campuran Mikroalga Hijau (Botryococcus braunii) dengan Serbuk Kayu Meranti Menggunakan Instrumen Pyrolysis-Gas Chromatography-Mass Spectrometry (PY-GC/MS)
Pengarang Miranda - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIR c 2022
Subyek Co-pirolisis, Py-GC/MS, Mikroalga hijau (Botryococ
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Kimia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua