Penggunaan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan puzzle mengembangkan kemampuan kognitif pemecahan masalah dan mengenal huruf dan untuk mengetahui strategi pembelajaran guru mengembangkan kemampuan kognitif pemecahan masalah dan pengenalan huruf. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara,dokumentasi. Analisis data mengadopsi model Milles dan Huberman dengan model interaktif, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) rancangan puzzle perkembangan kemampuan kognitif dalam pemecahan masalah dan mengenal huruf antara lain: (a) guru mencari dan menentukan gambar puzzle yang sesuai dengan tema, contohnya tema keluarga, (b) menentukan pola seperti pola, segitiga dan persegi empat, (c) mencetak pola gambar yang disusun guru, dan (d) menyiapkan tutup botol, memotong dan melubangkan kardus (e) menulis huruf dan merekatkan kardus pada tutup botol. (2) untuk mengetahui strategi pembelajaran perkembangan kemampuan pemecahan masalah dan mengenal huruf yaitu dengan; menyusun rancangan pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah; (1) rancangan media perkembangan kemampuan kognitif dalam hal pemecahan masalah dan mengenal huruf guru merancang dan membuat sendiri medianya (2) strategi pembelajaran perkembangan kemampuan kognitif anak dalam hal pemecahan masalah dan pengenalan huruf guru membuat rancangan pembelajaran dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penggunaan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun |
---|---|
Pengarang | ALMA MAGDALENA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALM p 2022 |
Subyek | Anak Usia 4-5 Tahun Pemecahan masalah, mengenal huruf, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY