Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Daring Menggunakan Wahtsapp Dan Google Classroom Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Materi BentukAljabar Di Kelas VII Mts An-Nur Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021
Riyanni, Alda. 2020. Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Daring Menggunakan Whatsapp dan Google Classroom Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII Mts An-Nur Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd dan (II) Drs. JR. Watulingas, MM
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika daring menggunakan whatsapp dan google classroom di tengah pandemi covid-19 pada materi bentuk aljabar di kelas VII MTs An-Nur Samarinda tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C MTs An-Nur Samarinda yang berjumlah 26 siswa, dengan objek penelitian yaitu hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran matematika daring menggunakan whatsapp dan google classroom pada materi bentuk aljabar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dalam bentuk uraian sebanyak tiga kali, yakni tes I untuk tes hasil belajar memahami konsep bentuk aljabar, tes II untuk tes hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar, dan tes III untuk tes hasil belajar perkalian dan pembagian bentuk aljabar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika daring menggunakan whatsappdan google classroom keduanya termasuk dalam kategori cukup. Hasil belajar siswa yang menggunakan whatsapp memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 75,89 dengan persentase hasil belajar yakni 3 siswa atau 25,00% berada pada kategori baik, 7 siswa atau 58,33% pada kategori cukup, dan 2 siswa atau 16,67% berada pada kategori kurang. Adapun rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan google classroomyakni sebesar 74,52.dengan persentase hasil belajar yakni2 siswa atau 14,29% berada pada kategori baik, 8 siswa atau 57,14% berada pada kategori cukup, dan 4 siswa atau 28,57% berada pada kategori kategori kurang.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswapada pembelajaran matematika daring menggunakan whatsapp dan google classroomdi tengah pandemi covid-19 pada materi bentuk aljabar di kelas VII-C Mts An-Nur Samarinda tahun ajaran 2020/2021termasuk dalam kategoricukup.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Daring Menggunakan Wahtsapp Dan Google Classroom Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Materi BentukAljabar Di Kelas VII Mts An-Nur Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Alda Riyanni - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALD h 2022 |
Subyek | Hasil Belajar, Bentuk Aljabar, Google Classroom, W |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY