ANALASIS PENGGUNAAN JARGON KOMUNITAS GAME ONLINE PUBG MOBILE DI KOTA SAMARINDA
Kelompok dalam masyarakat menggunakan jargon untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa mereka sendiri yang lebih spesifik, oleh karena itu mereka dapat menumbuhkan rasa kepemilikan atau loyalitas terhadap kelompok tertentu.Jargon biasanya digunakan agar pemain game game mengetahui arti dari sebuah kata kelompok tertentu dalam sekelompok orang atau untuk menunjukkan identitas mereka, contohnya dalam memainkan Game PUBG Mobile peneliti merasa perlu adanya pendalaman tentang adanya bentuk-bentuk dan manfaat dari istilah yang sering tidak dipahami oleh kelompok masyarakat pada umumnya. Jargon menunjukkan begitu beragamnya pilihan yang tersedia. Tempat yang ditinggali, usia yang dimiliki, tingkat sosial yang diduduki dapat menunjukkan keberagaman variasi bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bentuk jargon yang digunakan dalam komunitas game online PUBG Mobile di kota Samarinda. (2) Mendeskripsikan makna jargon yang digunakan dalam komunitas game online PUBG Mobile di kota Samarinda. (3) Mendeskripsikan fungsi jargon yang digunakan dalam komunitas game online PUBG Mobile di kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dan data yang menjadi objek yaitu jargon bahasa yang digunakan komunitas game online PUBG Mobile. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, simak catat, merekam, dan pancing langsung. Berdasarkan hasil analisis data, bentuk jargon yang ditemukan dalam penilitian ini adalah bentuk kata dasar bahasa Indonesia, bentuk reduplikasi, bentuk singkatan, bentuk akronim dan bentuk adaptasi. makna yang ditemukan dalam penelitian ini berupa makna leksikal dan makna kontekstual fungsi jargon komunitas permainan PUBG Mobile adalah untuk mempermudah komunikasi antar para pemain PUBG Mobile.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALASIS PENGGUNAAN JARGON KOMUNITAS GAME ONLINE PUBG MOBILE DI KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | FITRIYANTI ISKANDAR - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FIT a 2022 |
Subyek | Penggunaan Jargon, Bahasa komunitas game online |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY