Detail Cantuman Kembali
Hana Rosyidah - Personal Name

Hubungan Etos Kerja, Motivasi, dan Sikap Inovatif Petani Terhadap Produktivitas Padi Sawah (Oryza sativa L.) di Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur

Padi merupakan komoditas pertanian yang memiliki permintaan tinggi karena masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas penduduk Indonesia. Desa Sangkima merupakan wilayah dalam Kecamatan Sangatta Selatan yang memiliki potensi Sumber Daya Alam yang cukup lengkap untuk dikembangkan terutama dalam sektor pertanian. Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui tingkat etos kerja, motivasi, sikap inovatif petani dan produktivitas padi sawah di Desa Sangkima. Kedua, untuk mengetahui hubungan etos kerja, motivasi, sikap inovatif petani terhadap produktivitas padi sawah.
Penelitian ini dilakukan di Desa Sangkima pada bulan Agustus hingga Oktober 2021. Metode pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan kuisioner. Metode pengambilan sampel menggunakan Proportional Stratified Random Sampling dengan mengambil 29 sampel dari 84 populasi yang berasal dari 3 kelompok tani. Metode analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif (skala likert) dan Uji Korelasi Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani memiliki etos kerja yang sangat tinggi, serta motivasi dan sikap inovatif yang tinggi. Produktivitas padi sawah sebesar 2,8 ton/ha yang berada di bawah Kabupaten Kutai Timur 3,5 ton/ha dan Provinsi Kalimantan Timur 3,6 ton/ha. Etos kerja memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap produktivitas padi, kekuatan hubungan yang sangat lemah, dan arah hubungan yang positif. Motivasi memiliki hubungan yang signifikan dengan produktivitas padi pada alfa 0,01 (2 arah), kekuatan hubungan yang kuat, dan arah hubungan yang positif. Sikap inovatif memiliki hubungan yang signifikan dengan produktivitas padi pada alfa 0,05 (2 arah), kekuatan hubungan yang cukup, dan arah hubungan yang positif. Dengan demikian untuk meningkatkan produktivitas padi sawah perlu adanya peningkatan dalam aspek motivasi dan sikap inovatif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Etos Kerja, Motivasi, dan Sikap Inovatif Petani Terhadap Produktivitas Padi Sawah (Oryza sativa L.) di Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur
Pengarang Hana Rosyidah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAN h 2022
Subyek Sosial Ekonomi, Motivasi,Petani, Padi Sawah
Peran penyuluh pertanian, produktivitas padi lahan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua