Detail Cantuman Kembali
Nurmilawati - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 013 Kota Bangun Tahun Pembelajaran 2021/2022

Nurmilawati, 2022.Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 013 Kota Bangun Tahun Pembelajaran 2021/2022.Pembimbing I Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Warsinah, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Sifat-sifat Cahaya, Metode Eksperimen
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilakukan guru sebelum menggunakan metode eksperimen pada materi sifat-sifat cahaya, hal tersebut membuat rendahnya hasil belajar peserta didik terhadap sifat-sifat cahaya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sicat-sifat cahaya melalui metode eksperimen pada peserta didik kelas IV SD Negeri 013 Kota Bangun tahun pembelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 013 Kota Bangun yang berjumlah 12 peserta didik dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata dari prasiklus 51,67 menjadi 53,33 pada siklus I pertemuan pertama, pada pertemuan kedua menjadi 73,33, pada siklus II pertemuan pertama menjadi 80, pada pertemuan kedua menjadi sebesar 93,33. Persentase ketuntasan belajar siswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan, yaitu pada prasiklus sebesar 33,33% menjadi 41,67% pada siklus I pertemuan pertama, pada pertemuan kedua 66,67% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 75% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen peserta didik kelas IV SD Negeri 013 Kota Banguntahun pembelajaran 2021/2022.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 013 Kota Bangun Tahun Pembelajaran 2021/2022
Pengarang Nurmilawati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2022
Subyek Hasil Belajar IPA, Sifat-sifat Cahaya, Metode Eksp
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua