Detail Cantuman Kembali

Peningkatan Kemampuan Menceritakan Isi Dongeng Fabel Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Seri Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022

Fijiah Shinta Setya Ningrum, 2022. Peningkatan Kemampuan Menceritakan Isi Dongeng Fabel Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Seri Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022. Pembimbing I Prof. Dr. Mohammad Siddik, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Hj. Warsinah, M.Pd.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilakukan guru tanpa menggunakan media gambar seri terutama pada materi pemahaman isi dongeng fabel. Hal tersebut membuat rendahnya hasil pemahaman peserta didik terhadap isi dongeng fabel. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menceritakan isi dongeng fabel dengan media gambar seri pada peserta didik kelas II SD Negeri 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II A SD Negeri 004 Sungai Kunjang yang berjumlah 25 peserta didik. Sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menceritakan isi dongeng fabel mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media gambar seri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari pra siklus adalah 66,4 dan mengalami peningkatan pada siklus I Pertemuan II sebesar 2,4 (dari pra siklus 66,4 menjadi 68,8). Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II Pertemuan II sebesar 21,6 (dari siklus I Pertemuan II 68,8 menjadi 90,4). Persentase ketuntasan pada pra siklus mengalami peningkatan pada siklus I Pertemuan II sebesar 16% (dari pra siklus 44% menjadi 60%). Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II Pertemuan II sebesar 28% (dari siklus I Pertemuan II 60% menjadi 88%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menceritakan isi dongeng fabel pada peserta didik kelas II SD Negeri 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Kemampuan Menceritakan Isi Dongeng Fabel Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Seri Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022
Pengarang Fijiah Shinta Setya Ningrum - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIJ p 2022
Subyek Kemampuan Menceritakan Isi Dongeng Fabel
Media Gambar Seri
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua