PENINGKATAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS XI SMA AL-KHAIRIYAH SAMARINDA
Penelitian ini dilaksanakan karena adanya masalah pada kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas IX MIA SMA Al-Khairiyah. Berdasarkan hasil observasi masalah tersebut disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih umum, terbatasnya bahan untuk menuangkan ide dan kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Masalah tersebut berdampak pada hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pada siswa kelas XI SMA Al-Khairiyah Samarinda tahun pembelajaran 2019/2020. penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI matematika dan ilmu alam (MIA). Jenis penelitian yang dilakaukan pada penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK). Hasil penelitian pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture menunjukan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 70 yang menunjukan peningkatan dari hasil pembelajaran dari saat prasiklus yang medapat hasil belajar berupa 54,13. Nilai rata-rata siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) maka dilanjutkan tidakan berikutnya pada siklus II. Pada siklus II perlu adanya perubhan dari pergantian gambar sebagai tema pembelajaran dan perlunya tambahan dalam berinteraksi pada siswa. Sehingga pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar menulis teks eksplanasi dengan nilai rata-rata 79,65. Dari penelitian tersebut menunjukan dengan menggunakan model pembelajaranpicture and picture dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks eksplanasi pada setiap siklusnya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS XI SMA AL-KHAIRIYAH SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | AHMAD DAFI SUSANTO - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AHM p 2022 |
Subyek | Kemampuan Menulis, Teks Eksplanasi, Model Pembelaj |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY