Detail Cantuman Kembali
Agri Ivanda Saputra - Personal Name

Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani Di Girirejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara

Agri Ivanda Saputra, 2022. Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani di Girirejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (di bawah bimbingan Mursidah dan Eko Harri Yulianto)

Kegiatan penyuluhan dalam pembangunan pertanian berperan sebagai
jembatan yang menghubungkan antara praktik yang dijalankan oleh petani dengan pengetahuan dan teknologi petani yang selalu berkembang menjadi kebutuhan para petani. Peran penyuluhan dalam pemberdayaan masyarakat, yaitu : menyadarkan masyarakat atas peluang yang ada untuk merencanakan hingga menikmati hasil pembangunan, memberikan kemampuan masyarakat untuk menentukan program pembangunan, memberi kemampuan masyarakat dalam mengontrol masa depannya sendiri, dan memberi kemampuan dalam menguasai lingkungan sosialnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian dalam pengembangan kelompok tani, mengetahui tingkat pengembangan kelompok tani dan mengetahui hubungan antara penyuluh terhadap pengembangan kelompok tani. Teori yang digunakan teori yang relevan pada penyuluhan dan pengembangan kelompok tani.
Penelitian ini dilakukan di Girirejo kelurahan lempake kecamatan samarinda utara dari bulan maret 2022 sampai april 2022. Pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian dalam pengembangan kelompok tani dan mengetahui pengembangan kelompok tani menggunakanmenentukan jumlah sampel adalah menggunakan rumus slovindan untuk mengetahui hubungan peran penyuluh dengan pengembangan kelompok tani dianalisis dengan chi square.
Hasil penelitian menunjukan peran penyuluh pertanian di Girirejo Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara dalam kategori “Berperan” dengan total skor 1.244 dan rata-rata 28,27 sedangkan tingkat pengembangan kelompok tani di Girirejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara masuk dalam kategori “Berkembang” dengan total skor 1.960 dan rata-rata 44,54.
Hasil perhitungan chi kuadrat χ2 hitung sebesar 13,28 ≥ χ2 tabel sebesar 9,49 jadi H0 ditolak dan H1 diterima, maka terdapat hubungan yang eratantara peran penyuluh pertanian dengan pengembangan kelompok tani di Girirejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani Di Girirejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara
Pengarang Agri Ivanda Saputra - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AGR p 2022
Subyek peran, penyuluh pertanian, kelompok tani, stratifi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua