Detail Cantuman Kembali
Dede Agus Saputra - Personal Name

Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani Di Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara

DEDE AGUS SAPUTRA. Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani di Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2020. (dibawah bimbingan Prof. Juraemi dan Eko Harri Yulianto).
Penyuluh memegang peran penting dalam pengembangan kelompok tani. Pengembangan kelompok tani tersusun atas serangkaian proseskegiatan yang dilaksanakan demi menumbuhkan kesadaran para petani untuk membangun pertanian modern. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran penyuluh pertanian dalam pengembangan kelompok tani, mengetahui tingkat pengembangan kelompok tani dan mengetahui hubungan antara penyuluh terhadap pengembangan kelompok tani.
Penelitian ini dilakukan di Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu Kabupaten Panajam Paser Utara dari bulan September 2019 sampai November 2019. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian dalam pengembangan kelompok tanidan mengetahui pengembangan kelompok tani menggunakan skala Likert dan untuk mengetahui hubungan peran penyuluh dengan pengembangan kelompok tani dianalisis dengan chi square.
Hasil penelitian menunjukan peran penyuluh pertanian di Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu dalam kategori “Berperan” dengan total skor 912 dan rata-rata 26,82 sedangkan tingkat pengembangan kelompok tani di Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu masuk dalam kategori “Berkembang” dengan total skor 1393 dan rata-rata 40,97.
Hasil analisis chi square perhitungan χ2 hitung sebesar 14,55 ≥ χ2 tabel sebesar 9,49. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara peran penyuluh pertanian dengan pengembangan kelompok tani di Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara.
Kata kunci: peran, penyuluh pertanian, Kelompok tani.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani Di Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara
Pengarang Dede Agus Saputra - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DED p 2022
Subyek Peran, Penyuluh, Pertanian, Pengembangan, Kelompok
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua