Hubungan Kebugaran Jasmani Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswi SMK Kesehatan Samarinda
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dan bagaimana hubungan kebugaran jasmani dengan konsentrasi belajar pada siswi SMK Kesehatan Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey tes. Subjek yang diambil yaitu siswi kelas X Asisten Keperawatan 3 SMK Kesehatan Samarinda Tahun Pembelajaran 2021/2022, yang terdiri dari 27 siswi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kebugaran jasmani siswi yang diukur dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) yang terdiri dari beberapa rangkaian tes, yaitu a) lari 60 meter, b) gantung siku tekuk 60 detik, c) baring duduk 60 detik, d) loncat tegak dan e) lari 1000 meter, Kemudian konsentrasi belajar siswi diukur dengan menggunakan instrument test Grid Concentration Exercise. Pengambilan data pada penelitian ini melalui pemberian tes dan pengukuran melalui survey. Hasil analisis penelitian diperoleh nilai rata-rata kebugaran jasmani siswi sebesar 13,48 yang dalam klasifikisi kurang dan konsentrasi belajar siswi sebesar 10,88 yang dalam klasifikasi kurang. Sehingga dapat disimpulkan jika kebugaran jasmani siswi kurang maka akan berhubungan dengan konsentrasi belajar siswi juga kurang. Dan hasil analisis korelasi diperoleh nilai korelasi sebesar 0,423 dengan nilai sig. 0,028 lebih kecil dari pada nilai 0,05 taraf signifikan sehingga dapat disimpulkan ada hubungan kebugaran jasmani dengan konsentrasi belajar pada siswi SMK Kesehatan Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hubungan Kebugaran Jasmani Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswi SMK Kesehatan Samarinda |
---|---|
Pengarang | Andi Ansar - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AND h 2022 |
Subyek | Faktor Risiko |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN JASMANI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY