Detail Cantuman Kembali
Dyna Febiola - Personal Name

Pengembangan Makarel (Matematika Kreatif Augmented Reality) Sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang di Kelas V SDIT Istiqamah Balikpapan.

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh semakin pesatnya teknologi saat ini yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran, salah satunya teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat memunculkan objek maya secara nyata dalam satu waktu. Untuk itu teknologi seperti ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi bangun ruang yang berbentuk tiga dimensi sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Media pembelajaran tersebut yaitu Makarel. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kelayakan media pembelajaran Makarel (Matematika Kreatif Augmented Reality) untuk materi bangun ruang di sekolah dasar. Pengembangan media pembelajaran Makarel (Matematika Kreatif Augmented Reality) ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development yang menghasilkan sebuah media pembelajaran tiga dimensi menggunakan teknologi Augmented Reality pada aplikasi Assemblr Edu. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 langkah pengembangan yaitu: 1) analysis yaitu analisis kebutuhan; 2) design yaitu desain atau perencanaan; 3) development yaitu pengembangan; 4) implementation yaitu implementasi dan 5) evaluation yaitu evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini berupa produk media tiga dimensi yang dapat dipindai siswa sehingga materi bangun ruang dapat dilihat secara nyata melalui gawai pengguna. Media ini telah diuji kelayakannya oleh beberapa ahli dan respon pengguna. Penilaian kelayakan dari ahli media diperoleh nilai 86% kategori sangat baik (sangat layak dan valid), kemudian dari penilaian kelayakan ahli materi diperoleh nilai 96% kategori sangat baik (sangat layak dan valid). Kemudian penilaian kelayakan dapat dilihat dari uji coba skala kecil dan besar pada siswa dan respon guru. Penilaian kelayakan siswa pada uji coba skala kecil diperoleh nilai 83% kategori sangat layak, kemudian penilaian kelayakan siswa pada uji coba skala diperoleh nilai 74% kategori layak dan penilaian kelayakan dari respon guru diperoleh nilai 94% kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Makarel ini layak digunakan sebagai media pembelajaran materi bangun ruang di kelas V SDIT Istiqamah Balikpapan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Makarel (Matematika Kreatif Augmented Reality) Sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang di Kelas V SDIT Istiqamah Balikpapan.
Pengarang Dyna Febiola - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DYN p 2022
Subyek Pengembangan media pembelajaran
Makarel (Matematika Kreatif Augmented Reality)
Assemblr Edu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua