Peningkatan Keterampilan Argumentasi Siswa pada Materi Termokimia dalam Konteks Socio Scientific Issues melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization
Argumentasi memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia pendidikan yaitu untuk mengembangkan pola berpikir serta menambah wawasan yang mendalam mengenai ide atau suatu gagasan. Stimulus yang dapat merangsang keterampilan argumentasi siswa adalah dengan menghadirkan Socio Scientific Issues (SSI) yang berkembang di lingkungan masyrakat. SSI dapat mengefektifkan pembelajaran dengan mengangkat isu-isu sains pro dan kontra dalam kehidupan sehari-hari serta isu-isu sosial di lingkungan masyarakat. Penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi siswa pada materi termokimia dalam konteks SSI melalui model pembelajaran koopeatif tipe TAI dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan ialah one group pretest-postest design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan argumentasi siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 16 Samarinda yang digolongkan ke dalam kategori sedang dengan hasil interpretasi uji effect size termasuk dalam kategori kuat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Keterampilan Argumentasi Siswa pada Materi Termokimia dalam Konteks Socio Scientific Issues melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization |
---|---|
Pengarang | Cahya Anggita Safitri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI CAH p 2022 |
Subyek | Socio Scientific Issues, Argumentasi, Team Assiste |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY