Detail Cantuman Kembali
YUNITA YEMIMA - Personal Name

Studi Tentang Pampangk Pulu Pengangkatan Saudara dan Pemberian Nama Dalam Suku Adat Dayak Benuaq Di Kelurahan loa Ipuh Darat Kabupaten Kutaikartanegara

Yunita Yemima Irawati, 2022 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “Studi Tentang Pampang Pulu Adat Dalam Pengangkatan Saudara dan Pemberian Nama Dalam Suku Adat Dayak Benuaq di Kelurahan Loa Ipuh Darat Kabupaten Kutai Kartanegara.” Dibawah bimbingan Bapak Dr. Edi Rachmad, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Dr. H. Asnar, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dalam Pengangkatan Saudara dan Pemberian Nama Dalam Suku Adat Dayak Benuaq di Kelurahan Loa Ipuh Darat Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini untuk mengetahui Pelaksanaan pengangkatan saudara menurut adat Dayak Benuaq di Desa Loa Ipuh Darat, dan Tata cara pelaksanaan pemberian nama menurut adat Dayak Benuaq di Desa Loa Ipuh Darat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengangkatan saudara merupakan suatu alasan untuk mempertahankan ikatan persaudaraan untuk kemanusiaan dan juga untuk melestarikan kerukunan. Pengangkatan saudara hanya dapat dilakukan untuk kepentingan yang terbaik bagi pengangkat ataupun yang di angkat sebagai saudara dan dilakukan berdasarkan adat istiadat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Tentang Pampangk Pulu Pengangkatan Saudara dan Pemberian Nama Dalam Suku Adat Dayak Benuaq Di Kelurahan loa Ipuh Darat Kabupaten Kutaikartanegara
Pengarang YUNITA YEMIMA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUN s 2022
Subyek Pampang Pulu, Adat, Dayak Benuaq.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua